Menu

Jumat, 04 November 2016

/






Siapa yang tidak pernah bermimpi memiliki rumah di pinggir danau. Kicauan burung dari dalam hutan, semilir angin yang membawa kesegaran, kabut yang turun pagi dan sore hari adalah keindahan yang selalu diimpikan oleh semua orang. Buat penulis atau penyuka baca, kemewahan terbesar memiliki rumah di pinggir danau.

Sambil duduk di kursi yang nyaman di teras rumah, membaca buku sambil menikmati alam terbuka adalah hal yang sangat mengasyikan. Beberapa developer perumahan menangkap peluang ini. Banyak sekali perumahan yang dibangun di sekitar danau. Ada yang dibangun secara mandiri oleh owner tetapi ada juga yang membeli rumah sudah jadi yang dibangun oleh pemilik sebelumnya. Buat developer, tips menjual rumah di pinggir danau tentu memiliki tantangan tersendiri. 

Keterbatasan wilayah bisa membuat harga perumahan di pinggir danau melonjak jauh dari harga rata-rata nominal perumahan lainnya. Harga yang pantas karena nilai yang diberikannya sangat layak. Sebuah nilai yang membuat pemiliknya begitu tenang untuk tinggal di wilayah tersebut. Nilai yang tidak bisa didapatkan dari perumahan di luar lokasi tersebut. 

Di daerah Bandung, juga banyak terdapat danau. Salah satunya danau Lembang Bandung. Untuk danau, masyarakat Bandung menyebutnya dengan nama Situ. Selain Situ lembang, ada juga Situ Patenggang, Situ Ciburuj dan lain sebagainya. Banyak  rumah dijual di Bandung yang lokasinya berdekatan dengan danau. Namun meski dekat dengan danau, tidaklah mudah menjual rumah impian di pinggir danau sehingga menjadi buruan banyak orang. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, supaya pembeli menjadi tertarik untuk membeli.


Rumah Kav Pindad Arcamanik Bandung


Ada 4 aspek yang harus diperhatikan jika ingin menjual rumah di pinggir danau:

1   Bebas banjir. Wilayah di dataran rendah sangat rentan oleh adanya bencana banjir. Air yang melimpah pada musim penghujan harus menjadi perhatian semua developer.

       Konstruksi yang kuat. Konstruksi perumahan di daerah yang lembab berbeda dengan konstruksi yang padat. Butuh ketepatan perhitungan agar konstruksi rumah kokoh berdiri sekalipun berada di wilayah berair.

Desain yang ramah lingkungan. Desain yang ramah lingkungan maksudnya memperhatikan semua aspek lingkungan dari konstruksi bawah sampai atas bangunan. Memperhatikan aliran air, sanitasi yang ramah lingkungan agar tidak mencemari danau yang sudah ada sebelumnya. Desain yang holistik dengan memperhatikan semua dampak yang muncul dari adanya rumah di pinggir danau tersebut.

   Meminimalisir potensi bencana yang muncul dari semua sisi. Bencana selain banjir yang muncul di daerah danau adalah angin puting beliung. Pada beberapa kejadian, danau yang luas ternyata menjadi tempat perputaran udara dingin dan udara hangat. Kejadian ini bisa menyebabkan angin puting beliung yang besar.


Salah satu bagian dari rumah yang dijual di Bandung


Itulah beberapa aspek yang perlu diperhatikan jika ingin menjual rumah di pinggir danau. Jika hal ini diperhatikan, maka pembeli akan senang membeli rumah di pinggir danau tersebut.

Kalo saya ada uang ingin juga rasanya punya rumah di Bandung, udaranya sejuk,  selain menjadi pusat mode di Indonesia, Bandung juga terkenal dengan kulinernya, objek wisata  dan yang pasti Bandung Lautan Api yang tak pernah bisa kita lupakan. Kamu pasti juga punya banyak kenangan dengan Bandung ya.

Salam, usai menulis ini saya kok jadi ingat lagu Halo-halo Bandung, mau bernyanyi dulu ya. 
11 comments

Wah rumahku di Bengkulu dekat danau nih

Reply

harganya juga bersahabat, mba.. hehe

Reply

Tipsnya bermanfaat sekali neh

Reply

Langsung ngebayangin punya rumah di pinggir danau. Pagi-pagi disambut udara sejuk. Minum kopi sambil nyalain laptop duduk di teras yang menghadap danau. Kayanya nikmat banget.

Reply

Rumah pinggir danau? Wow pasti pemandangannya bagus sekali dan harga jualnya mahal ya mbak :D

Reply

Meminimalisir dari bahaya banjir itu penting banget mba :)

Reply

Hahaaa...
Ayo nyanyi kita mbak. #loh

Reply

aih, jadi pengen punya rumah dekat danau. kayanya bakalan mancing terus hihi...
secara sekarang rumah kan dikelilingi kebun teh, susah air malah. hahaha...

Reply

Memang perlu banyak pertimbangan kalau mau beli rumah ya...Supaya nyaman untuk ditinggali.

Reply

kalau saya gg pernah terpikir mau punya rumah deket danau mba,pengennya yang deket2 kota mhihi atau pantai atau gunung

Reply

Hyaaah rumah di pinggir danau, seduh teh tiap sore, sambil main gitar, main sama anjing lucu. Impian banget nih Mbak~

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.