nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Penerbangan Murah Untuk Anak-anak


Assalammu'alaikum Wr. Wb

Hai, apa kabar. Hari ini saya mau berbagi pengalaman saya saat memilih maskapai untuk terbang ke Jakarta bersama anak-anak baru-baru ini. Pasti bingung ya, mau pilih maskapai apa. Banyak pilihannya, harga juga sangat bersaing. Memang setiap penerbangan pasti menyediakan kategori khusus buat anak-anak, tetapi apakah ada beda harganya dengan orang dewasa, ada diskon atau memang sama saja.

Harga anak-anak dan dewasa harusnya bedalah ya. Tetapi kok beda, kan dia dapat kursi juga. Ya, otomatis sama kan. Kursinya aja gak beda. Jadi harg tiket anak dan dewasa beda gak sih ? Bingung ya.

Sebenarnya gimana sih, aturannya di maskapai untuk harga tiket anak. Nah, kali ini saya ingin berbagi mengenai pengalaman saya saat hendak terbang bersama anak-anak dengan maskapai yang sayang anak, hehehe. Maksudnya harganya sayang anak :D.

Sebelumnya kita pahami dulu ya, soal kategori penumpang pesawatnya ya. Secara umum ada tiga kategori

1. Adult / Dewasa. Ini semua penumpang dewasa yang berusia lebih dari 2 tahun ke atas. Untuk Maskapai Citilink usia dewasa dihitung di atas usia 12 tahun. Di Lion dan Sriwijaya, dihitung di atas usia 2 tahun.

2. Child/ Anak. Untuk maskapai Lion dan Sriwijaya, usianya di atas 2 tahun. Cuma yang membedakan pas mengisi form pembelian tiket, diminta data kelahiran anak sedangkan pada adult tidak.

3. Infant/ bayi. Hampir sama pada semua maskapai, usia penumpang 0 sd 24 bulan atau sampai dengan usia 2 tahun.

Dari penjelasan singkat di atas, sedikit udah nampak ya. Bahwa pada maskapai Citilink, kategori anak dan dewasa sangat berbeda. Dimana usia anak, masih dihitung sampai anak berusia 12 tahun. Ya, kira-kira usia anak SD deh atau bahasa umumnya, anak-anak toddler.

Jadi langsung saja, saya memilih maskapai yang berwarna hijau tersebut. Bukan karena suka warna hijau akan tetapi emang lebih sayang anak. Mari kita coba untuk booking pesawat ya.

Yang akan berangkat

1. Milda Ini, Dewasa/Adult/
2. Athifah, Anak/Child/ 3 tahun
3. Nasya, Bayi/Infant /4 bulan

Tujuan penerbangan Bengkulu-Jakarta. Dengan jarak tempuh sekitar 60 menit.

Mari kita cek harga dan mulai masukan data-data kategori penumpangnya


Tujuan Penerbangan Bengkulu Jakarta

Jadwal keberangkatan yang kami pilih pada tanggal 31 Agustus 2016. Harga tiket tertera sebesar Rp. 425.000,-.

Lalu saya memasukan data Athifah/Child, lalu keluar info harga sebesar Rp. 318.750. Jadi harga anak dan dewasa terlihat ada bedanya ya. 

Harga Dewasa dan anak berbeda

Kemudian saya juga memasukan data Infant/bayi. Di sana keluar info harga infant Rp. 42.500. Jauh banget ya harganya dengan harga anak. Ya, maklum kalo harga infant segitu, mungkin karena belum dapat kursi. Masih gendongan dengan ibunya.



Wow, terlihat banget ya perbedaan harganya. Apakah data kelahiran  anak mempengaruhi harga. Saya jawab tidak karena, pada saat melakukan pencarian informasi harga saya hanya memilih atau mencontreng pilihan anak dan bayi saja. Jadi belum diminta data-data kelahiran anak.

Jadi dari harga tiket yang sudah saya booking tersebut terlihat begini rinciannya
Adult Rp. 425.000
Child Rp. 318.750
Infant Rp.  42.000

Total harga bayar nanti akan ditambahkan dengan biaya lain atau pajaknya ya. 

Sangat jelas terlihat beda harganya ya. Jadi untuk saat ini pilihan saya jika akan terbang mengajak anak dan dengan harga sayang anak. Ya, pilihlah maskapai Citilink. Karena memang ada perbedaan kategori usia penumpang dan perbedaan harga antara tiket anak dan dewasa. 

Namun, sayang maskapai ini tidak semua ada di setiap kota di Indonesia, hanya kota tertentu saja. Sehingga belum menjadi solusi tiket murah bagi anak untuk semua kota yang ada di Indonesia. Coba cek kotamu adakah maskapai ini. Semoga sudah ada ya.

Kemudian, bagaimana jika anaknya lebih dari satu. Seperti saya, anak dua, ada bayi satu. Sedangkan harga sama dalam satu pilihan harga hanya untuk 4 orang penumpang. Kalo begitu kami mengakalinya. Satu bapak dengan membawa dua orang anak dan satu ibu dengan bayinya. Akan tetapi bisa juga dengan dua dewasa, dua anak dan satu bayi. Nanti nama bayi akan include sama ibunya. Sebaiknya jika berpergian dengan anak, saat membooking, atur dan masukan salah satu nama penumpang dewasa. Jangan nama anak-anak saja. 

Oh, ya saya memang tidak menampilkan harga di Lion atau Sriwijaya karena emang kategori usinya tidak jauh berbeda. Otomatis harga adult dan child akan sama kecuali harga infant. Lalu maskapai Garuda juga ada beda kategori usia, tetapi harga tiketnya aja udah agak tinggi ya, ya otomatis harga anak dan bayi juga tinggi. Kecuali ada yang bayarin atau lagi banyak duit, gakpapa juga naik garuda :D

Jadi, teman-teman jika ingin terbang, salah satu solusi untuk mendapatkan harga tiket murah atau selisih harga tiket anak dan dewasa. Ya, terbang dengan maskapai ini aja ya.

Sekian dulu ya, Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi kalian, salam, hepi terbang deh.

Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. Iyaa mba. Aku waktu itu beli citilink juga dapat harga anak2. Tapi ini termau ke surabaya pake beda mskapai karna nggak ada jam yang pas mba :(

    BalasHapus
  2. Waaaaaah nice infooooo. Noted banget deh...

    BalasHapus
  3. Selama ini belum pernah ngrasain naik pesawat mbak :-(
    #Huhuhu

    BalasHapus
  4. Citilink favoritku, kalau gak pakai Garuda. Jkt Sby atau sebaliknya selalu ada hehe. Tapi tahun ini mudik hemat pake kereta hihihi

    BalasHapus
  5. Eah baru tahu nih, nanti kalau aku punya anak trus mau jalan-jalan mending pakai Citylink aja ya.

    BalasHapus
  6. Buat infant murah ya. Maskapai sebelah bisa di atas 100rb lho padahal digendong juga.

    BalasHapus
  7. Pengalaman...pas pergi bareng teman, anaknya udah melewati usia infant. Tapi karena jarak dagu si ibu dan kepala si anak belum bersentuhan. Masih bisa dikatakan "infant", hihihi. Waktu itu kami naik Citilink juga.

    BalasHapus
  8. bagaimana dengan bayi ya Bu,
    apakah bagus Citilink?

    Adakah tips untuk membawa bayi?

    salam kenal dan terima kasih Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, untuk harga murah banget dibanding yang lain. Bayi/infant usia 0 sd 24 bulan ya

      Hapus
  9. Kapan ya bisa jalan-jalan bareng anak-anak juga? hehe....*baper

    BalasHapus
  10. Wah baru tauuu..makasi infonya mba

    BalasHapus
  11. Catet sulu deh. Aku segede ini blm pernah naik pesawat, heheehe

    BalasHapus
  12. Kalau mudik ke Semarang juga aku sukanya naik Citilink

    BalasHapus
  13. wah anak sampai 12 tahun, enak juga ya

    BalasHapus
  14. Saat ini harga anak dan dewasa citilink sudah sama.. hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin