Menu

Selasa, 02 Agustus 2016

/





Bunda kece sedunia, hari ini saya mau berbagi pengalaman saya saat berdiskusi dengan teman-teman tentang bagaimana menyiapkan bekal masa depan anak-anak. Iya, terutama mengenai biaya pendidikan. Makin hari biaya pendidikan makin mahal ya. Tentu saja kita tidak mau kan, anak-anak kita tidak mempunyai masa depan bahkan masa depannya suram, hehehe. Jangan dong ya.

Salah satu teman saya mengeluhkan soal kemampuan dia dalam menyiapkan dana pendidikan untuk anaknya. Memang dia agak terlambat menikah, sehingga saat usianya mulai bertambah matang, anak-anak masih kecil dan sedang butuh dana yang banyak. Kalo pun dipaksakan bekerja ya, tentu saja logikanya tidak semudah itu. Masa bekerja pasti ada pensiunnya, sedangkan anak-anak kita tumbuh terus dan berkembang. Ibarat kata, kita udah tua, gak kuat lagi nyari duit, anak-anak masih kecil dan butuh duit banyak. Terutama untuk masa depannya, untuk mewujudkan impiannya.

Saya pun begitu, saat ini usia saya dan suami  sudah menjelang 36 tahun, anak masih kecil. Kalo dihitung-hitung. Yap, sama dan ada benarnya dengan yang dikeluhkan teman-teman saya tersebut.

Meski kami juga punya tabungan akan tetapi tabungan terkadang tidak dilengkapi dengan fasilitas proteksi setelah penabung meninggal dunia atau terjadi sesuatu musibah. Berbeda dengan asuransi pendidikan.

Anak pertama saya Nawra baru kelas 4 SD. Dia mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang dokter . Kebayang kan menjadi dokter itu butuh biaya yang banyak, buku-bukunya banyak dan mahal. Belum lagi alat-alat kedokteran itu juga mahal. Apalagi jika nanti dia mau melanjutkan menjadi dokter spesialis, duh pastinya lebih butuh banyak lagi uangnya. Temen saya cerita, anaknya yang baru lulus kedokteran UI, uang semesterannya sebesar tujuh jutaan. La, gimana pas Nawra nanti, gak usah dihitung deh. Udah bisa dibayangkan, pasti mahal.

Belum lagi anak kedua saya si Athifah, berusia 3 tahun. Dia sangat doyan makan dan sangat suka bermain. Kalo kami sedang makan di restoran, dia selalu yang paling semangat dan ingin tahu segala hal , melihat dan bertanya banyak . Agaknya dia sangat berminat dengan dunia masak memasak. Mainan yang paling sering dia gunakan adalah bermain masak-masakan. Ditemani dengan kakaknya. Kalo di tanya, nanti besar Athifah mau jadi apa, dia bilang mau pintar masak dan punya restoran besar.

Saya pun sering diajak bermain dan menjadi pembeli di restoran yang dia kelolah Dengan mainannya. Dia bertingkah seolah-olah sebagai pemilik restoran dan menjual berbagai menu masakan dan minuman. 



Kalo nanti Athifah serius menekuni dunia memasak dan ingin menjadi koki profesioanl. Tentu dia butuh pendidikan dan pengetahuan yang pas terhadap keinginanya tersebut. Dia butuh sekolah dan itu butuh biaya. Kalo mau kayak Farah Queen, ya sekolahnya ke luar negeri. Biayanya, mahal banget.

Usai diskusi dengan temanku tersebut, saya jadi kepikiran juga soal biaya pendidikan anak. Memang harus dipikirkan dan disiapkan . Beberapa hari saya kepikiran dan diskusi lanjutan dengan suami juga. Apalagi bulan Juli ini kami memang baru saja membayar uang daftar ulang sekolah Nawra dan itu cukup besar. 

Sampai suatu siang saya  di tangging oleh Sarwendah soal ajakan untuk  ikutan program Bekal Masa Depan (BMD) dari Morinaga Chil Go. 

Kok , ajakan Sarwendah pas banget ya. Itu loh , istrinya artis Ruben Onsu. Saya pun mencari tahu apa maksud informasi yang diberikan Sarwendah tersebut. Saya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai program Bekal Masa Depan Morinaga Chil Go



Saya juga segera menonton video yang diberikan oleh Sarwendah. Saya  langsung  klik linknya dan terdiam. Ternyata, luar biasa informasi dan motivasinya. Saya jadi semakin termotivasi dan mendapatkan inspirasi untuk benar-benar mempersiapkan bekal masa depan anak-anak saya. 


Setelah menonton video tersebut saya jadi semakin jelas dan bersemangat untuk ikutan program Bekal Masa Depan Morinaga Chil Go demi anak-anak saya.

Selain itu, kita tidak tahu kehidupan mendatang. Soal umur, siapa yang tahu. Ada teman saya yang suaminya meninggal muda akibat kecelakaan kerja dan saat itu anak-anaknya masih kecil. Itulah sebabnya kita butuh dana asuransi dan proteksi untuk masa depan anak-anak kita. Banyak hal yang tidak bisa kita duga di masa depan.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus mencari dan menggunakan cara lain demi mewujudkan masa depan anak-anak kita.

Solusi tersebut, salah satunya ditawarkan oleh Morinaga Chil Go. Apaan sih itu? iya. Morinaga Chil Go mempunyai suatu program keren yang diberi nama Bekal Masa Depan (BMD). Hadiah utamanya  adalah dana asuransi pendidikan sampai 3 milyar. Banyak ya. Selain itu, banyak juga hadiah lainnya buat para pemenang yang bikin kita mupeng.

Baik, saya jelaskan dulu ya Morinaga Chil Go itu apa. Bisa kita lihat di gambar di bawah ini. Morinaga Chil Go itu adalah susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1 -12 tahun. Susu cair dengan prebiotik Inulin sebanyak 1000 mg. Iya, susu buat anak pada masa usia gemilang mereka. Kita harapkan pada usia gemilang ini, mereka bisa menjadi generasi platinum yang membanggakan.
 

Bentuknya susunya cair dan dikemas di dalam botol yang menarik. Warna botol dan gambarnya juga sangat menarik untuk anak-anak. Susu Chil Go sangat praktis dibawa kemana-mana. Ada tiga pilihan rasa  vanila, coklat dan stroberi. 

Rasa susunya enak loh, disukai oleh anak-anak. Eh, saya aja suka kok minumnya. Kadang si Athifah suka minum sambil bermain, kecapekan, tertidur. Lupa ama susunya. Saat itu biasanya ya jatah bundanya lagi yang minum, hehehe. Sayang kan kalo dibuang, lagian enak kok!

Nah, kalo Nawra dan Athifah sangat suka rasa coklat dan stroberi. Sehari mereka bisa minum sampai tiga botol. Si Nawra minum susu di pagi hari, lalu membawa satu botol ke sekolah, biasanya diminum siang setelah salat Zuhur karena dia pulang sekolah jam empat sore. Kemudian di malam hari satu botol lagi. Sama halnya dengan Athifah, meski belum sekolah, pagi, siang dan sore atau malam selalu minta minum susu.



Kandungan susu Chil Go sangat bagus bagi anak-anak yang sedang memasuki dan menjalani masa pertumbuhan seperti Nawra dan Athifah. Formula platinum yang terdapat pada susu Chil Go dapat membantu anak menjaga kesehatan tubuhnya. Chil Go dapat membantu tubuh memberikan pertahanan ganda. Oleh karena itu tubuh anak akan selalu sehat dan bugar. Anak yang sehat tentu saja akan mudah untuk belajar mengenai apa saja. Mereka akan memiliki kecerdasan yang luar biasa karena sering diasah dan mudah belajar. Kecerdasan mereka inilah yang nantinya akan kita kembangkan. Anak yang cerdas tentunya dapat menghasilkan inovasi unggulan dan bermanfaat.

Morinaga Chil Go sangat peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak karena kita ketahui bahwa kecerdasan anak perlu di stimulasi dan dikembangkan. Selain itu agar anak-anak bisa mencapai cita-citanya. Orang tua harus membantu mereka mencapainya. Dengan cara bersekolah. 



Dengan program Bekal Masa Depan Morinaga Chil Go ini, diharapkan dapat membantu para orang tua dalam mewujudkan cita-cita sang anak dan menyiapkan dana pendidikan untuk mereka. Bahkan sampai mereka berusia 18 tahun dan jumlahnya gak main-main. Udah tahu kan ya, 3 milyar. Hebat banget.

Selain dana pendidikan, hadiah lainnya berupa 100 voucher kalbe family senilai Rp. 50.000, untuk 100 uploader online pertama. Ada hadiah 1000 voucher Orami By Bilna, 1000 tempat bekal makanan anak, 1000 botol susu Chil Go untuk satu bulan, 1000 tiket Jingle Land. Duh, banyak amat ya, peluangnya juga besar. Soalnya jumlah pemenangnya banyak.
Menarik bukan? ada yang mau ikutan ? Bagaimana caranya?

Baiklah saya akan buatkan langkah-langkahnya biar bunda mudah dan gak bingung kalo mau  ikutan program BMD ini. Bunda bisa juga membaca informasinya di web www.bekalmasadepan.com

Langkah Pertama, Pendaftaran

Cara mendaftar program BMD ini ada dua. Yaitu, dengan cara online dan offline.



Mekanisme Pendaftaran Secara Online

Kemudian cara pendaftaran secara offline. mekanismenya hampir sama dengan cara pendaftaran online. Tetapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya saat mendaftar secara offline.


Mekanisme Pendaftaran Secara  Offline

Cara Pendaftaran Secara Offline

1. Membeli 6 botol susu Chil Go, dengan varian rasa bebas. Belinya di toko Indomaret, Alfamaret, Hypermart  jika memang stok susu Chil Go sedang kosong di toko-toko yang saya sebutkan itu. Bunda bisa membeli di toko lain. Asalkan struk pembelian susunya tidak ditulis secara manual dan di struk ada nama tokonya. Setelah membayar di kasir simpan bukti struk pembeliannya.




2.Download formulir pendaftarannya di web www.bekalmasadepan.com. Bentuk formulirnya seperti ini. Ada kover depan dan belakangnya.
Nah, ini bagian kover belakangnya, silakan di donlot keduanya. Kalo tidak bisa didonlot yang berwarna, Bunda juga bisa memilih mendonlot dengan pilihan satu warna saja bukan full colour.

Setelah di donlot, baca dan teliti dengan seksama lalu isi  formulir pendaftarannya  ya bunda. Dengan data-data yang benar.




Cek dan Baca Dengan Seksama Formulir, Isi Dengan Data Yang Benar dan Teliti




Setelah semua lengkap, lanjutkan dengan pengiriman. Saat pengiriman sertakan formulir dan struk pembelian susu Chil Go ya bunda. Jepitkan saja menjadi satu dengan formulir lalu masukan ke dalam amplop. 



Segera kirim ke alamat ini  PT. Bounche Indonesia dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240



Setelah itu simpan juga tanda kirim atau resinya ya bunda sebagai bukti pengiriman. Mana tahu kelak dikemudian hari diperlukan.


Selanjutnya setelah formulir dan struk pembelian kita diverifikasi. Maka kita akan menerima kode unik. Kode unik ini nantinya akan kita pergunakan saat login/daftar  ide cerita atau stimulus dalam bentuk permainan. Ide cerita tersebut dapat berupa foto atau video pendukung


Langkah Kedua, Submit Ide Cerita Permainan

Setelah mendapatkan kode unik, maka kita akan Login/ daftar  di web untuk mendaftarkan  ide atau cerita permainan yang telah kita buat. Satu kode unik hanya boleh dipergunakan untuk mendaftarkan satu ide atau cerita saja dan tidak bisa dipergunakan berulang kali. Masa berlaku kode unik tersebut adalah 30 hari setelah kode unik diterima. Misalnya, saya menerima kode unik pada tanggal 2 Agustus 2016 maka kode tersebut dapat saya pergunakan satu kali dalam kurun waktu 30 hari kedepan dan berakhir pada tanggal 2 September 2016.

Untuk login bisa di sini ya www.bekalmasadepan.com

Saat login/ mendaftar ikuti semua petunjuk dengan baik ya. Baca dengan teliti semua tahapannya dan pastikan semua data yang diberikan benar. Jika gagal pas submit, sila diulangi kembali ya sampai bisa karena yang ikutan program ini banyak jadi jalur koneksi ke sana suka macet, hehehe. Pokoknya jangan bosan dan tetap semangat.

Oh, ya ide cerita tersebut harus menjelaskan atau berisi  salah satu stimulus kecerdasan majemuk pada anak.

Selain itu ide cerita tersebut disertakan informasi mengenai alat dan bahan,  cara membuat dan cara bermain,  serta manfaat dari permainan tersebut.

Ide cerita tersebut sebaiknya dalam bentuk foto atau video pendukung sehingga mudah untuk dipahami dan ditiru oleh orang tua dan anak-anaknya. Pokoknya buatlah semenarik mungkin.


Saya contohkan ya ide cerita permainan yang akan saya buat

Nama permainannya adalah Koki dan Restoran Chila Chilo

Permainan ini bisa diterapkan dan sangat disukai oleh anak usia 1-12 tahun. Baik anak laki-laki atau perempuan. Mereka sangat menyukai permainan ini. Dalam permainan ini kita akan menstimulus Kecerdasan Bahasa anak . Bagaimana anak berbicara dan memahami ucapan orang lain.  Anak akan bertanya atau menawarkan menu kepada pembeli. Lalu Kecerdasan Logika Matematika, dimana anak akan menyebutkan berapa harga minuman atau makanan yang dijual dan akan dibeli  oleh pembeli. Termasuk menghitung total pembelian barang termasuk menghitung kembalian uang . Kemudian Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal, bagaimana anak dilatih untuk bisa memahami orang lain, sopan santun, mengatur emosi dan berhubungan dengan orang lain dengan baik. Anak akan dilatih bagaimana melayani pembeli dengan baik. Selanjutnya Kecerdasan Naturalis, dimana anak-anak akan dilatih mengenal hasil alam, lewat makanan dan minuman yang mereka jual. Anak akan mengenal jenis-jenis bahan sayuran, buah, hewan dan lain sebagainya. Terakhir Kecerdasan Kinestetik-Tubuh, dimana anak dilatih organ tubuhnya untuk bisa bergerak, mondar mandir masak, melayani pembeli, mencuci piring, membereskan meja makan dan lain sebagainya.

Alat dan Bahan yang Diperlukan
- Mainan masak-masakan atau cooking set
- Peralatan dan perlengkapan dapur yang sudah rusak atau tidak dipakai lagi
- Alat tulis, kertas bekas
- Uang mainan atau bisa juga dibuat dengan kertas dan diberi nominal.
- Daun atau sayuran sisa memasak
- Mainan buah-buahan

Cara Bermain
1. Anak diminta berperan sebagai koki di restoran . Restorannya bisa saja menjual jenis makanan dan minuman. Misalnya menjual ikan bakar, minumannya jus Mangga.
2. Ibu atau ayah bertindak sebagai pembeli dan memesan salah satu jenis makanan dan minuman.
3. Dalam permainan ini ayah dan bunda disarankan untuk melakukan hal-hal seperti ini, untuk menstimulus anak. Misalnya , komplain terhadap pesanan, tidak terima saat pesanan datang karena salah. Mengomentari soal rasa, penyajian atau bahan yang digunakan.
4. Ayah dan bunda melakukan banyak hal untuk memancing reaksi anak. Lakukan seperti biasanya jika kita membeli makanan di restoran. Sehingga anak merasa bahwa dia memang benar-benar sebagai koki restoran.
5. Ayah bunda lakukan pembayaran dengan alat pembayaran yang sudah ditentukan atau dibuat.



Perlengkapandan peralatan di permainan Koki dan Restoran Chila Chilo




Anak-anak sedang bermain masak-masakan. Dimana ada teman yang lain bertindak sebagai pembeli di restoran Chila Chilo.


Alat Pembayaran dan Alat Hitung Yang Digunakan Saat Bermain



Jika bunda bingung mengenai kecerdasan majemuk itu apa saja dan seperti apa. Berikut ini secara sederhana saya jelaskan.

Kecerdasan majemuk pertama kali dikenalkan oleh  Howard Garner, dari Universitas Harvard. Kecerdasan majemuk tersebut adalah

1. Kecerdasan Bahasa
Kecerdasan bahasa sangat erat hubungannya dengan keterampilan seseorang dalam menguasi bahasa lisan dan tulisan. Ciri utama dari kecerdasan bahasa adalah terlihat pada penggunaan bahasa secara efektif saat mmebaca, berbicara dan menulis

2. Kecerdasan Musik
Kecerdasan musikal meliputi kepekaan terhadap tangga nada, irama dana warna bunyi.serta aspek emisonal yang berhubungan dengan bunyi, bernyanyi dan bermain musik

3. Kecerdasan Logika Matematika
Kecerdasan logika matematika, meliputi kemampuan berhitung, berpikir logis dan memecahkan masalah.

4. Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan ini meliputi kemampuan dalam mempresentasikan dunia melalui gambaran-gambaran mental dan ungkapan artistik

5. Kecerdasan Kinestetik - Tubuh
Kemampuan untuk menggunakan seluruh badan atau bagian badan dalam membedakan berbagai cara baik untuk ekspresi gerak (tarian, akting) atau aktivitas gerakan dengan tujuan (atletik)

6. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan ini meliputi penilaian diri yang akurat, penentuan tujuan, pemahaman diri, atau intropeksi termasuk kemampuan mengatur emosi diri.

7. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan dalam mengatur hubungan antar individu.Kemampuan untuk mengenali emosi, suasana hati, dan motivasi orang.

8. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan dalam  menunjukan rasa empati, pengenalan dan kemampuan tentang kehidupan , hewan , tumbuhan dan alam


Langkah Ketiga, Share, Berbagi Ke Sosial Media

Oke, sekarang langkah terakhir yaitu berbagi kepada sosial media ide cerita yang sudah bunda buat. Share link ide cerita permainan tersebut kepada orang lain dengan tangging sosial media Morinaga Chil Go.

Bagi bunda yang mengupload video BMD Chil GO pada akaun sosial media, maka bunda akan mendapatkan tambahan satu poin. Dengan hestek atau #BMDChilGO



Facebook: Morinaga Platinum

Twitter: @Morinagaid

Instagram: @MorinagaPlatinum


Gimana? gampang kan cara ikutannya. Mupeng gak ama hadiahnya? Hayo, buruan buat daftar. Catat dengan baik-baik ya masa ikutan program BMD ini.  Program ini akan berlangsung sejak tanggal 1 Juli 2016 – 31 Desember 2016.

So buruan , jangan ketinggalan. Bekal masa depan anak ya Morinaga Chil Go !







28 comments

Persiapan untuk masa depan buah hati memang sangat penting ya bun, btw seru sekali kelihatannya permainannya

Reply

Baca ini jadi tau pentingnya bekal untuk masa depan anak termasuk tabungan masa depan dan informasi yang benar tentang tumbuh kembang anak.

Reply

Wwah seru mainan resto n kokinya membuat anak terstimulus dr semua aspek kecerdasannya ya mba...
Sukses utk lombanya mba

Reply

Semoga anak2 kita mendapatkan pendidikan terbaik ya Mba.. Supaya jd generasi yg berguna.

Keren ih main sma chil-Go nya :)

Reply

Mainan masak-masakannya lengkap banget ya? Beneran calon koki handal nih :D

Reply

wah seru kak permainan kokinya. anakku laki-laki duo2 nya jadi sukanya berkebun :)

Reply

anak lelaki byk kok aer yg jadi koki

Reply

iya mb, itu udah ditambhkn ama alat masakku yg udh rusak

Reply

aamiin, iya mb. ikutan ya

Reply

iyah

eh, ikutan ya lomba ide permainannya ya

Reply

hayuuk mb, cobain aja di rumah

Reply

Memang seru sekali ya, kalo bisa main bersama anak-anak. Apalagi berperan sebagai koki. Gak hanya anak saya yang perempuan, yang laki-laki juga senang kalo diajak main masak-masakan atau masak beneran di dapur. Seru ya...!

Reply

mainannya keren Mba, tulisannya juga lengkap *jempol*
goodluck buat lombanya yah :)

Reply

Keliatannya ikut program ini seru ya mba. Bisa belajar banyak ttg tumbuh kembang si kecil..

Permainan kokinya boleh dicontek nih mba.. .

Reply

iya mba, kadang2 yang digunakan bahan beneran. misalnya roti tawar, nasi goreng, anak2 suka sekali. saya juga senang meski sedikit berantakan

Reply

hehehe, ma kasih ya Mba, saling mendoakan ya....

Reply

hayuuk Mba Ira, ikutan selain asik, bisa melibatkan anak2 juga. hadiahnya juga gede loh :)

Reply

ulasannya lengkap banget, Kak.
Yang ikutan ini sepertinya memang akhirnya mengeluarkan potensinya masing-masing bunda-bundanya.
Sukses Kak.

Reply

wow dua anak mb Milda sangat aktif ya, semoga cita2nya tercapai jadi dokter dan koki profesional :)

Reply

bener, event ini emang buat nyalurkan ide cerita permainan dari ayah bunda

Reply

aamiin, terima ksih mba doa indahnya

Reply

Semoga cita-cita Athifah tercapai yaa. Sehat-sehat terus bersama ChilGo

Reply

Bahagia banget ya bisa mengikuti tumbuh kembang anak, lebih bahagia melihat anak aktif :)

Reply

Kalau hadiahnya sebanyak itu mau ah ikutan... hihim. Memang ya mba untuk dana pendidikan penting banget disiapkan sejak dini.. nice info.

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin