Menu

Rabu, 11 Mei 2016

/
{Profil Blogger} , Belajar Menulis Yang Hijau-Hijau dan Berpetualang dari Evrina Budiastuti

Saat Mendaki Gunung Rinjani, Pada Pukul 5 Pagi


Assalammualaikum Wr. Wb
Apa kabar teman-teman semua yang kece. Kali ini saya mau mengulas seorang teman baru, ciye. Salah satu teman saya sesama Blogger Perempuan. 

Beliau suka banget nulis di blog hal-hal yang hijau-hijau. Selain itu beliau juga suka berpetualang. Berkat hobinya tersebut beliau akhirnya sampai terbang ke Beijing. Acap kali menang lomba. Berkah ngeblog ni ye, hahaha.

Saya kenalin ya, nama beliau Ervina Budiastuti. Kita singkat aja ya dengan sebutan Mba Ev, keren kan namanya. Sejagat blogger pasti udah kenal deh ama nama yang satu ini, saya jamin.
 

Oh, ya alamat blognya ini ni www.evrinasp.com.  Coba liat judul blognya, Menghijaukan Bumi dengan Tulisan, Mantap kan !

Pastinya teman-teman kepengen tahu ya lebih banyak soal Mba Ev yang kece ini. Nah, kali ini saya mau mengulas tentang beliau soal hobinya menulis yang hijau-hijau tersebut dan serunya beliau berkutat dengan dunia yang hijau termasuk berpetualang. Naik turun gunung. Cocok kan ya, hobi ama dunianya.

Awalnya ketika saya tanya , wawancara via Wa. Padahal saat itu beliau baru pulang mengisi liburan di awal bulan Mei lalu dengan naik gunung Rinjani. Weleh, dengan muka kucel dan bau gunung beliau mau melayani pertanyaan saya, hehehe. Stok energinya banyak kayaknya :)

Mba Ev ini memang seorang sarjana pertanian, alumni IPB. Beliau seorang PNS yang saban senin - jumat. Dari jam delapan pagi hingga empat sore. Keliling di daerah Ciherang, Babakan, Dramaga, Cikarawang di kawasan kecamatan Dramaga, Bogor. Mba Ev melakukan penyuluhan kepada para petani.  Ada gak teman-teman yang domisili di daerah sana, kalo ada sesekali bisa dong kopdar ama Mba Ev.

 
Saat Melakukan Penyuluhan Pengelolaan Tanaman Padi Sawah

Itu soal pekerjaan Mba Ev, selepas bekerja. Beliau pulang ke rumah lantas berganti peran menjadi seorang Istri dan Ibu. Terus berganti pekerjaan baru juga menjadi blogger dan menulis. Hebat kan, masih sempat aja. 

Mba Ev, biasa nulisnya pepagi sebelum berangkat kerja atau saat waktu senggang. Menulisnya juga nyicil-nyicil kecuali udah ada detlen.

Kalo lagi jenuh menulis, ya dinikmati aja. Palingan Mba Ev, refresing dengan nonton, main sama anak. Melakukan hal-hal lain yang menyenangkan, samalah kayak saya kalo lagi mumet. 

Lalu, apa sih yang sering atau Mba Ev suka tulis. Beliau suka menulis tema pertanian, lingkungan, hutan dan apa aja deh. Yang ada bau alamnya. 

Minat beliau menulis yang hijau-hijau tersebut juga mendorong beliau untuk pergi berpetualang. Mendekat kepada alam. Biasanya Mba Ev dengan suami turun naik gunung. Ya, kira-kira sekitar tiga bulan sekali deh.

Saat Turun Gunung Bersama Suami dan Teman-teman


Ya, sekalian buat refresing ya dan semakin dekat ama alam dan suami. Pastinya setelah naik turun gunung. Ide-ide segar pasti mengalir buat menulis. 

Selain berpetualang . Mba Ev juga sering mengajak suami dan anaknya Alfi yang baru berusia 4 tahun buat nginap di hotel. Mba Ev suka tuh, ikutan lomba ngeblog yang hadiahnya nginap di hotel. Yap, sekalian buat menyenangkan suami dan anak-anak ya. Hemat dan enak pula.  Ibu yang cerdas ya.


Waktu Menginap di Salah satu Hoel di BSD, Tangerang


Saya salut banget ama Mba Ev, di tengah kesibukan beliau sebagai abdi negara, hihihi. Beliau masih sempatnya buat menulis dan berbagi. merawat dan menulis di blog secara rutin tentang hal yang berkaitan dunia pertanian. Gak mudah loh, apalagi kalo liat jadwal kerjanya. Apa gak capek, kapan istirahatnya.

Sama halnya dengan Mba Muna, meski sibuk dengan pekerjaan. tetap suka menulis dan berpetualang

Baca Selengkapnya



Kecintaan beliau terhadap dunia menulis yang hijau-hijau tersebut malah berbuah manis pula. Menghantarkan beliau menang lomba menulis . Salah satunya menang di lomba nulis Sunpride, Salah satu hadiahnya dapat kiriman buah selama setahun, oke banget kan.  Wuiih, jadi pengen.

Prestasi lomba yang lain masih banyak kok, kepoin aja ya blognya kalo penasaran. 



Selain itu suka menang di berbagai lomba menulis blog. Mba Ev ini ternyata juga sudah punya dua buku antologi loh. Tambah keren kan. 

Antologi pertama , Mba Ev menuliskan tentang cerita tentang ibu di buku Hati Ibu Seluas Samudra.

Di buku antologi kedua Mba Ev menuliskan tentang Petani Jambu Kristal pada buku Hidup yang Lebih Berarti dari Kompasiana. Alhamdulillah di lomba itu Mba Ev menjadi pemenang favorit dan tulisannya dibukukan.




Nah, itu tadi hanya sedikit ulasan saya tentang Mba Ev ya. Soalnya hari ini keburu saya degdegan mau lahiran. Saat menulis ini saya tengah menjalani hari HPL Persalinan saya. mohon doanya ya manteman semua supaya saya melahirkannya normal, Saya dan bayi sehat selalu. Aamiin.

Upps, ada yang lupa. Saya belum kasih tahu ya motivasi atau alasan Mba Ev suka menulis yang hijau-hijau tersebut. Salah satu alasannya karena belum banyak penulis atau blogger yang memang fokus menulis seputar pertanian, lingkungan dan alam tersebut. Sehingga Mba Ev , mengambil peluang tersebut. Peluang tersebut benar-benar Mba Ev ambil dan berbuah manis ya kawan-kawan.

Selain itu menurut Mba Ev, blogger adalah profesi kedua baginya setelah menjadi penyuluh pertanian. Jadi Mba Ev sudah cinta mati ni ama dunia menulis. Jos gandos kan. 
Pengen kenal lebih dekat dengan Mba Ev, kepoin aja sosial medianya di bawah ini ya...


Blog : www.evrinasp.com

Facebook : Evrina Budiastuti

Twitter & Instagram: @evrinasp
Salam Hangat
Milda Ini
14 comments

Dear Mbak Milda, terimakasih banyak atas reviewnya, terimakasih juga sudah mewawancarain saya ya, semoga ada hal yang bermanfaat untuk diambil dari saya, buang yang jeleknya ya mbak hehe, semoga dilancarkan proses persalinannya

Reply

iya Mba Ev, terima kasih juga. mohon maaf jika masih banyak kekurangannya

terima kasih ya doa indahnya

Reply

Saya selalu mupeng kalau liat instagram mba Ev, tau-tau udah ada hasil naik gunung aja :)

Reply

betol Mba, aku liat foto dia yang jam 5 subuh itu. wow bgtlah

Reply

Ini nih.... bloher yang selalu bikin iri sekaligus kagum. Wkwkwk... Menang muluk sih dia. Haaa..ha...Keren!

Reply

Masya Allah keren ih, bisa berkontribusi di masyarakat. Mba milda juga moga lancar persalinannya :)
Aku follow ya

Reply

iya mba, emang mba ev keyen

Reply

iya mba, ma kasih ya doa indahnya. aamiin

ntar kufolbek yo

Reply

Keren memang kak ev aktif dan menginspirasi

Reply

Mbak Ev ini emang keren yah Mbak, beda dari yg lain.. dy concernnya ke alam.

Semogaa lahirannya lancar yah Mbak, normal, Ibu dan Baby selamat, Aamiin :*

Reply

Baru tau trnyata mbk Ev ssbuk itu. mbk Milda juga kereeeen, pas hari HPL masih sempat nuliiiis (y)

Reply

Malah baru tahu kl Mbak Ev punyaa buku....

Reply

Wah iya nih kadang ane juga mampir ke blognya mbak ev :D

Reply

berarti mbak Ev ini passionnya di bidang seputar pertanian, lingkungan dan alam pastinya ya. Kalau tidak punya passion di situ, walau jarang dilirik blogger lain gak bakal gampang untuk membuat postingan di blog dgn tema tersebut

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin