Menu

Sabtu, 16 April 2016

/



Saya dan keluarga sangat suka jajanan atau masakan tradisional. Di halaman rumah kami juga ditanami beberapa jenis pisang. Ada pisang Ambon, pisang Kepok, pisang Mas, pisang Jantan dan ada pisang-pisang lainnya yang saya sendiri tak tahu memberi nama. Tahunya cuma makan saja, hehehe.

Kali ini kebetulan pisang Jantan, atau entah apa deh namanya kalo di daerahmu yang sedang masak, Saya ingin membuat kolak pisang dengan kuah putih saja, alias menggunakan gula putih atau gula pasir. 

Tetapi kayaknya ada yang kurang kalo cuma pisang saja. Kali ini saya mau menggabungkan antara pisang dan labu kuning deh. Kayaknya enak.

Ikuti cara saya membuat kolak ini ya, gampang dan gak pake lama kok.

Ini pisang Jantannya, saya sengaja ambil yang belum terlalu matang. Anak-anak juga gak terlalu suka kalo pisangnya lembek. 

Pisangnya, kita kupas dan potong-potong menjadi 3 - 4 bagian yang lebih kecil ya

Lalu ini labu kuning, saya membeli di pasar tiga potong saja, seharga seribu rupiah, Jadi tiga potong, ya tiga ribu ya, lumayan murah. 




Kemudian 250 gram gula pasir, saya lebih suka menggunakan gula pasir untuk membuat kolak, apalagi kalo mau cepat. Soalnya kalo menggunakan gula aren, mesti disaring dulu kuahnya. Gula aren suka kotor sih , hehehe


Bagian yang bikin gurih dan makin asik itu ya kuahnya, kita siapkan santan kelapa ya. Saya lebih menyukai kelapa parut dan mengambil santannya daripada dengan menggunakan santan murni yang sudah siap di pakai di pasar. Kadang santannya sudah lama. Alasan lain karena, saya bisa memisahkan antara santan kental dan encernya. Jadi kebiasaan saya santan kental dimasukan diakhir proses memasak, sehingga kuahnya kental dan legit. Ini kelapa parut beratnya sekitar 250 gram. Atau beli saja seperempat kilo.



Untuk membuat kolak tercium wangi, saya gunakan beberapa potong daun pandan. Sebagian orang sering juga menggunakan Vanile. Tetapi saya lebih suka yang alami saja. Apalagi di rumah juga ada tanamannya, tinggal petik. Ada deh, hihihi.

 Oke deh, semua bahan sudah siap, sekarang tinggal cara memasaknya ya.

Pertama ambil santan kelapa dan pisahkan dari santan kental dan encernya. rebus atau masak santan encer tersebut sembari dimasukan gula. Aduk hingga gula hancur dan merata. Beri sedikit garam untuk membuat tambah gurih dan menguatkan rasa. 

Kedua, setelah mendidih masukan potongan labu dan pisang, aduk kuah pela-pelan . Jangan sampai pecah. Tambahkan daun pandan. 

Ketiga, masak dengan api sedang hingga matang. Lalu cicip dulu, apakah sudah manis, gurih dan rasanya kuat. Angkat deh.

Keempat, dinginkan sejenak, masukan piring saji. Lalu makan bersama anak-anak dan keluarga

Mudahkan. Oh, ya kolak ini. porsinya buat dua anak saya, ibu, kakak, sepupu, saya dan suami. Banyak juga ya, hehehe. Semua kebagian. Kecuali tetangga, hehehe.
14 comments

Mmmm sukaaa banget mba sama kolak, jd ingat bentar lg shaum Ramadan ya

Reply

udah kayak mau puasa aja ya mbak?

Eh, sebulan lagi kan puasa. Cocok nih buat buka puasa :)

Reply

iya latihan buat puasa, hehehe

kolak kan selalu dinanti

Reply

Wah, perlu saya laporkan ke istri saya ini, biar dia bikin juga untuk suami tercintanya. Hehe...

Reply

hahaha, bagus juga idenya

Reply

Makanan yang satu ini selalu ngehits di bulan Ramadhan :D

Reply

betol Mba, sangat dinanti

Reply

aku suka pakai gula jawa yang cokelat Mbak, hihi kalau pakai gula pasir aku belum pernah coba,

Reply

hehehe, cobain aja Mb..pasti beda rasaya

Reply

Saya juga biasanya pakai gula merah. Belum pernah pakai labu, pakai pisang aja :D

Reply

cobain aja Mba, enak ko

Reply

Wah ps nih buat buka puasa..
makasi lho mbka resepnya :)

Reply

iyap, ngehit bgt ni menu

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin