Menu

Senin, 15 Februari 2016

/


Profil  Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu, Periode Kepengurusan Tahun 2013 sd 2015




Selayang  Pandang Tentang  Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu



Forum Lingkar Pena adalah komunitas (calon) penulis yang didirikan 22 Februari 1997. Dalam sepuluh tahun perkembangannya, FLP menjadi wadah ribuan orang untuk mengasah diri sebagai pengarang/ penulis, menerbitkan lebih dari 600 buku, bekerjasama dengan tak kurang dari 30 penerbit, dan membuka cabang di  dari 125 kota di Indonesia dan manca negara, seperti Singapura, Hong Kong, Jepang, Belanda, Amerika, Mesir, Inggris, dll. 


Para aktivisnya kemudian mendirikan Rumah- Rumah Cahaya (Rumah baCA dan HAsilkan karYA) di setiap sekretariat cabang FLP. Tak hanya menyentuh kalangan intelektual, FLP menjadi wadah gerakan para ibu rumah tangga, buruh, anak jalanan,  hingga pembantu rumah tangga. 


Ada pula FLP Kids yang ditujukan bagi anak-anak dan menjadi motor bagi bangkitnya kanak-kanak pengarang di negeri ini. FLP membuat menulis dan bersastra tak lagi menjadi kegiatan ekslusif milik kaum cendekia. FLP menjadi satu-satunya organisasi pengarang yang berhasil membentuk rantai tak putus antara  pengarang-penerbit-pembaca-pengarang.

Sejarah Pemimpin  FLP Wilayah Bengkulu


Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu sampai dengan tahun 2013 ini memiliki sejarah kepemimpinan sebagai berikut


1.      Imam Hanuji

2.      Nagiyyah Syam

3.      Yeni Sariasih

4.      Elzam

5.      Sondang Asih Januarti

6.      Milda Ini  (Tahun 2013-2015)





Susunan kepengurusan Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu periode 2013-2015

Penasihat


1.      Bapak Firdaus , M.Pd (Harian Bengkulu Ekspress)

2.      Ibu drh. Agnes Majestika (Birokrasi/ penulis )

3.      Bapak. H. Dani Hamdani, M.Pd  (Birokrasi/ Tokoh Masyarakat)

4.      Bapak KH. Muhammad Syamlan, Lc (Tokoh Masyarakat/Penulis)

5.      Bapak Agus Setiyanto, M.Hum ( Dosen, Penulis dan Tokoh Masyarakat)


Ketua

Mildaini. S.Pd

Sekretaris

Suhendra

Bendahara

Nova Karnela



Devisi Kaderisasi

1.      Nicky Mas Perdana

2.      Nova suvanie, S. Pd

3.      Junita Susanti

4.      Dewinta Mabara, S.Pd



Devisi Kestari

1.      Retno Wahyuningtyas

2.      Mira Apriani

3.      Desi Fatmawati


Devisi Humas

1.      Anisha Fitri Nabarani

2.      Eka Sigit Triwardhani

3.      Yulia Refyani, S.Sos I


Devisi Danus

1.      Sihardin

2.      Vivin Yoansyah S.Pd

3.      Arifatul Umyu

4.      Desilia Sari

5.      Anggar Thahirah



Jumlah Anggota FLP 


Anggota FLP diperoleh melalui kegiatan pendaftaran anggota baru yang dilakukan tiga sampai empat bulan sekali atau selama setahun bisa terjadi pendaftaran anggota baru sebanyak 3-4 kali. Biasanya pendaftaran anggota baru ini bersamaan dengan pendaftaran kegiatan workshop menulis. Misalnya pendaftar kegiatan pelatihan menulis Travel Writer bersama Gol A Gong langsung bisa mendaftar menjadi anggota FLP. Mereka yang sudah mendaftar tersebut tidak secara otomatis sudah terdaftar sebagai anggota FLP. Namun masih harus mengikuti kegiatan orientasi anggota baru (OrAng Baru) setelah itu adalah penilaian dan pengumuman siapa saja yang lolos menjadi anggota FLP dengan kriteria. Lulus terpuji, lulus, lulus bersyarat dan tidak lulus.

Saat ini ada dua kategori anggota FLP Bengkulu yaitu

1.      Anggota aktif (termasuk pengurus)

2.      Anggota tidak aktif


Kriteria tersebut dapat dilihat pada keikutsertaan anggota dalam berbagai kegiatan FLP. Partisipasi pada setiap himbauan atau seruan bagi setiap anggota FLP dan sebagainya. Penilaian keanggotaan aktif tersebut juga diperoleh dari data pada saat masa pendaftaran ulang anggota FLP. Rincian anggota FLP 

Wilayah Bengkulu adalah sebagai berikut, 


Jumlah dewan penasihat 5 orang


Anggota aktif 42 orang


Anggota tidak aktif   18 orang


Jumlah keseluruhan 60 orang





Manajemen Organisasi 


Saat ini, pertemuan rutin diagendakan pada setiap minggu ke dua dan ke empat setiap bulannya. Namun untuk mengkoordinasi berbagai informasi dan memperlancar komunikasi. Manajemen organisasi FLP banyak dan lebih sering dilakukan secara online. Termasuk rapat online. Dan hal ini juga sangat efektif. Mengingat kesibukkan para pengurus dan anggota FLP. Secara online ada beberapa grup yang dibentuk oleh FLP, yaitu 


    1. Grup khusus untuk pengurus 


Anggotanya adalah khusus pengurus.  Grup ini menjadi corong informasi bagi semua pengurus. Baik informasi yang berkaitan dengan kegiatan FLP secara wilayah atau ada informasi kegiatan secara nasional. Di grup inilah akses informasi bisa didapat dan disebarkan untuk pertama kali, baru disebarkan kepada yang lain baik secara online atau offline.

I   2. Grup khusus bagi semua anggota FLP


Namanya Grup FLP Wilayah Bengkulu. Baik pengurus, anggota aktif maupun yang tidak aktif lagi. Grup ini dikelolah secara bergantian oleh setiap pengurus. Sesuai dengan jadwal harian mereka. Kegiatan harian dimulai dari senin hingga jum’at. Sabtu dan minggu bebas.



Berikut adalah tata tertib dan jadwal harian Grup FLP Wilayah Bengkulu.


      Tata Tertib dan Jadwal Harian Grup FLP Wilayah Bengkulu
1. Semua member grup adalah anggota FLP baik aktif, maupun tidak di wilayah bengkulu, pembina FLP, narasumber
2. Tidak boleh iklan promo Ɣαƞƍ tdk berkaitan dengan baca tulis
3. Posting tulisan/ karya bahasan disesuaikan dengan jadwal harian grup
4. Postingan tidak boleh dalam bentuk hinaan, sara, provokasi dan membahayakan orang lain atau kriminal
5. Admin berhak menghapus postingan yang berisi celaan, hinaan dll terkiat poin aturan no 4.
5. Komen tidak boleh saling menyudutkan apalagi menyalahan pihak2 tertentu
6. Admin berhak untuk mengeluarkan anggota grup Ɣαƞƍ nakal
Jadwal kegiatan grup

1. Cerpen /Vanie Muslimah-Full Anggar Thahirah /Dewinta Mabara/senin


2. Puisi /
Nicky Mas Perdana / Vivin Yoansyah Abi FIkri /selasa


3. Flash Fiction
Desilia R. Sari dan Arifatul Umyu/ Rabu


4. Essay/Artikel/Opini
Junita Susanti dan Suhendra Bengkulu/ Kamis


5. Flash True Story
Anisha Fitri Nabarani dan Retno Wahyuningtyas/Jum'at


6. Sabtu-Minggu /Mira Kaizen/ Dechy/ bebas posting info lomba penulisan dan dunia kepenulisan

Untuk Pj jadwal grup ini saat dievaluasi, belum berjalan secara efektif dan efisien. 


3. Grup khusus untuk membahas soal proyek kepenulisan dan target kepenulisan (karya)


Grup ini hanya berisikan orang-orang yang memang serius ingin menulis dan mau ikut proyek kepenulisan. Anggota grup ini, dikenakan biaya untuk mengikuti kelas menulis secara online. Sebesar Rp. 25.000,- untuk satu kali proyek kepenulisan. Uang pendaftaran tersebut digunakan sebagai dana untuk keperluan proyek kepenulisan. Misalnya, untuk biaya menerbitkan karya menjadi buku, untuk pulsa dan lain sebagainya. Sisanya  dimasukkan ke dalam kas FLP. Untuk setiap proyek kepenulisan melibatkan tim penanggungjawab yang berbeda-beda. Untuk satu kali proyek kepenulisan bisa membutuhkan 2-3 orang penanggungjawab. Ini dilakukan bergiliran dan diupayakan setiap pengurus terlibat dan dapat berpartisipasi. Grup sudah menghasikan dua karya yang sudah diterbitkan . Kumpulan cerpen ‘ Sebait Kisah Dari Bengkulu (sudah terbit ),  tulisan Travel Writer tentang objek wisata Bengkulu (Belum diterbitkan) dan tulisan tentang Fabel Anak dengan setting Bengkulu (sudah terbit). 


Sistem Kaderisasi


Sistem kaderisasi anggota FLP Bengkulu, diawali dengan adanya kegiatan Orientasi Anggota baru (OrAng Baru ) kemudian  dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan bakat dan minat kepenulisan. Termasuk soal organisasi FLP. Melakukan berbagai pelatihan dan diskusi kepenulisan. Misalnya dengan workshop menulis, bedah buku, bahas karya atau pun diskusi semangat dari para penulis baik tingkat lokal maupun tingkat nasional. Sampai dengan Juni 2013. Beberapa penulis nasional yang pernah kami undang pada kegiatan FLP Bengkulu adalah sebagai berikut,

1. Gol A Gong

Dalam tajuk acara Bengkulu Membaca. 


    2. Gol A Gong

Dalam tajuk acara Travel Writer




    3. Agus M Irkham

Dalam tajuk One Day To Be Writer





    4. Ali Muakhir

Dalam tajuk Bengkulu Menulis dan launching Buku Puisi ‘ Guruku Sayang’




   5. Berbagai diskusi dan pelatihan kepenulisan bersama penulis dari Bengkulu. Seperti Bapak KH. Muhammad Syamlan, Firdaus dari harian Bengkulu Ekpress, Agus setiyanto, M.Hum (dosen/seniman/penulis), Herman Suryadi (penulis/guru), drh Agnes Majestika (Birokrat/ penulis), Khoirul Muslim M.Sc (penulis/dosen), Agus Joko Purwoko, M.Pd (dosen/penulis), Milda ini ( Ketua FLP Wilayah Bengkulu) dan lain sebagainya. 


Kehadiran para tamu penulis ini, diharapkan sebagai ajang untuk mengkader para penulis Bengkulu menjadi penulis yang handal dan profesional. Melatih pengurus untuk mengelolah sebuah kegiatan, mengasah kreatifitas, tanggungjawab, kerjasama dan silaturahim bagi setiap pengurus dan anggota FLP. Setiap kegiatan tersebut, peserta kegiatan selalu dikenakan uang pendaftaran. Uang tersebut dipergunakan untuk membiayai ongkos kegiatan dan sebagai sumber penghasilan atau masukan kas FLP. Untuk memotivasi dan mendorong agar pengurus dan anggota FLP punya karya tulisan. Selalu diadakan audisi menulis dan dibentuk tim khusus untuk mengelolah tulisan tersebut agar menjadi tulisan yang layak dimuat atau diterbitkan. Ini merupakan salah satu langkah kaderisasi bagaimana mengelolah tulisan atau naskah menjadi sebuah buku, termasuk berurusan dengan penerbit.


Manajemen Keuangan


Untuk sumber keuangan FLP diperoleh dari

1. Uang pendaftaran menjadi anggota FLP sebesar Rp. 65.000

    2. Uang daftar ulang keanggotaan FLP. Hal ini bertujuan agar FLP mudah mendapatkan jumlah anggota FLP yang aktif dan tidak aktif. Setiap anggota yang aktif diperbolehkan mengikuti proyek kepenulisan FLP. Uang pendaftaran ulang ini sebesar Rp. 25.000 perorang dan berlaku selama setahun. Hal ini, juga memudahkan bagi anggota FLP yang tidak aktif atau pernah dulu bergabung di FLP untuk bisa aktif kembali. Dengan adanya sistem daftar ulang ini, sangat membantu untuk mengkategorikan anggota FLP yang aktif dan tidak aktif. Memudahkan menghimpun data base anggota FLP. Bagi anggota FLP yang lama dan ingin aktif kembali cukup mendaftar ulang, membanyar uang pendaftaran, menyerahkan biodata terbaru, tanpa harus ikut orientasi dulu.


   3.Dari uang pendaftaran peserta proyek kepenulisan . Setiap proyek kepenulisan dikenakan biaya pendaftaran atau registrasi.


   4.Diperoleh dari uang pendaftaran berbagai kegiatan pelatihan atau workshop kepenulisan. Baik dengan penulis tamu yang berasal dari luar Bengkulu atau dengan penulis yang ada di Bengkulu.


  5.Menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengadakan kegiatan menulis dengan nama ‘ Komunitas Cinta Buku ‘ (KCB), Dengan menjadikan KCB sebagai bagian eskul di sekolah dan pihak sekolah dikenakan biaya atau honor sebagai pelatih kegiatan KCB di sekolah. Kontrak ini berlangsung selama setahun atau dua semester. 


    6. Menjual buku-buku karya FLP Bengkulu dan yang lainnya


    Catatan untuk anggota dan pengurus tidak ada uang kas atau iuran bulanan



Semua arus pemasukan dan pengeluaran uang tercatat dengan baik oleh bendahara FLP dan setiap transaksi yang terjadi selalu disertai oleh kuitansi. Pelaporan keuangannya dalam bentuk laporan pemasukkan, laporan pengeluaran dan laporan sisa saldo kas.


Saat ini kas FLP ada Rp. 1.000.000,- ( satu juta rupiah), termasuk sumbangan dari salah satu donatur/ anggota FLP Bengkulu yang di Kebumen (Sholihati ) Rp. 200.000,-. Sisa uang Kas  ( dari Nova di Jakarta) . uang tersebut belum dikurangi dengan biaya buka puasa bersama tahun 2015,  pembuatan banner buku Fabel, hadiah untuk pernikahan, biaya pemberian bingkisan buku karya FLP  kepada penasihat, biaya Muswil dan up grading untuk periode 2015 akhir.


Penjenjangan anggota FLP


Untuk saat ini FLP Wilayah Bengkulu. Penjenjangan dilakukan dengan menilai kemampuan setap pengurus dan anggota dalam bentuk :


      1.Pengurus FLP/ bukan pengurus

      2.Anggota aktif / tidak aktif

      3. Punya karya/ belum punya karya


Sampai saat ini, penjenjangan anggota FLP baru dengan menggunakan kriteria tersebut di atas. Belum sepenuhnya bisa menerapkan aturan yang ada di buku modul kaderisasi FLP. Penjenjangan ini dilakukan dalam kurun waktu selama setahun .

Diakhir kepengurusan, akan diujicobakan untuk memberikan penghargaan bagi anggota dalam jenjang sebagai penulis pemula, madya dan handal.


Jumlah karya dan jenisnya

Sampai saat ini karya yang sudah ada adalah


   1. Buku antologi puisi dan cerpen I Love Bengkulu. Melibatkan pengurus dan anggota FLP. Seleksi dilakukan lewat ajang lomba kepenulisan.


   2.Buku puisi ‘Guruku Sayang’ karya adik-adik Komunitas Cinta Buku (KCB) binaan FLP


    3.Kumpulan cerpen (Kumcer ) Sebait Kisah Dari Bengkulu


    4.Travel Writer (TeWe) Melukis Sejuta Wajah Bengkulu (belum terbit)


     5. Fabel Anak Dari Bengkulu 



    6. Novel Berantai dengan setting Bengkulu (belum terbit)


Kemitraan Saat ini mitra FLP Bengkulu 


    Harian Rakyat Bengkulu (RB)

Dalam bentuk berita, reportase kegiatan dan mengisi berbagai kolom tulisan. Seperti, opini, cerpen, cerita anak, profil dan lain sebagainya


    Harian Bengkulu Ekspress (BE)

Dalam bentuk berita, reportase, dan mengisi berbagai kolom tulisan. Seperti, opini, cerpen, profil dan lain sebagainya. Sebagai tempat melaksanakan berbagai kegiatan workshop, pelatihan dan diskusi kepenulisan. Beberapa kegiatan FLP, menggunakan fasilitas gedung, sound sistem, kursi, meja dan LCD serta Slide kepunyaan Bengkulu Ekspress. Dalam bentuk sponsor , spanduk, dan hadiah berbagai lomba Bengkulu Ekspress juga acap kali bekerjasama dengan FLP


    Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU)

Dalam bentuk bantuan donasi kegiatan dan spanduk acara, hadiah lomba dan lain sebagainya.


    Restoran Rumah Atjceh

Dalam bentuk pelayanan makan malam kepada tamu – tamu  FLP, saat rapat pengurus atau pertemuan FLP, bantuan kerjasama dalam bentuk spanduk acara, hadiah lomba dan lain sebagainya.

Radio Swara Unib

Dalam bentuk siaran radio, untuk menyebarkan informasi kegiatan, diskusi karya, kepenulisan dalam acara ‘Book List’. Ajang promosi jika ada kegiatan, dimana tamu FLP siaran langsung di radio Swara Unib, seperti yang dilakukan oleh pembicara Gol. A Gong, Agus M Irkham, Ali Muakhir dan lain sebagainya.





Program Unggulan FLP


    Orientasi anggota baru (OrAng Baru)


   Pelatihan/ workshop kepenulisan yang digelar setiap empat bulan sekali, dengan mengundang para penulis nasional yang kompeten


   Kegiatan rutin, diskusi kepenulisan dengan berbagai penulis dari Bengkulu


    Proyek kepenulisan antologi FLP


   Kegiatan kelas menulis ke sekolah-sekolah dalam bentuk eskul bernama Komunitas Cinta Buku (KCB) .


Sekretariatan


Jalan Iskandar 6 RT 5/15 No 50 kelurahan Tengah Padang. Kota Bengkulu 38118

Telpon (0736) 346552, Hp. 082177993000/ (Milda Ini)


Fesbuk : FLP Wilayah Bengkulu

Twitter : @FLPbengkulu (FLP Wilayah Bengkulu)
2 comments

Selamat Hari Buku Internasional FLP

Reply

Mohon diedit namaku ya, Barokallah bat FLP Bengkulu.

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.