Menu

Sabtu, 20 Februari 2016

/

 


           Assalammu’alaikum Wr. Wb
          Hello Mommi kece, kalo kemarin saya sudah bercerita tentang rutinitas di hari jumat. Kali ini saya mau bahas soal rutinitas saya di hari sabtu ya. Soalnya ada lagi ni yang bertanya “Aktivitas saya sekarang apa aja setelah pensiun kantoran “




          Nah, di hari sabtu pagi sekitar jam sepuluh pagi sampai jam sebelas pagi saya ngetem di ruangan 1E . Ngapain ya ? mau tahu ya.

          Di kelas itu saya punya jadwal rutin mengajar anak-anak Komunitas Cinta Buku (KCB) binaan Forum Lingkar Pena Bengkulu. Yang diajarkan adalah menulis dan menumbuhkan kecintaan untuk membaca buku.

          Pesertanya adalah kelas tiga sampai dengan kelas lima SD. Lelaki dan perempuan. Kelasnya berlangsung selama satu jam saja. Lumayanlah belajarnya buat anak-anak ya.

          Jadi kalo hari sabtu pagi saya punya kegiatan mengajar kelas menulis anak-anak SDIT IQRA 2 kota Bengkulu. Dari jam sepuluh sampai sebelas siang.

          Materi yang diajarkan juga hal yang ringan-ringan saja. Mulai dari menulis puisi dan cerita. Hal-hal yang mudah untuk menulis puisi dan cerita. Dari hal –hal yang disukai dan paling dekat dengan anak-anak. Misalnya tentang Ibu, saudaranya, hobi, dan apa saja yang mereka sukai.

          Hari ini, saya ingin mengajak adik-adik ini untuk membuat daftar kata tentang makanan, minuman, nama teman-temannya. Tiga tema tadi adalah hal-hal yang paling digemari anak-anak.





          Mereka saya minta untuk menuliskannya terlebih dahulu ke buku catatan mereka. Lalu saya meminta mereka menuliskannya ke papan tulis. Jika ada yang sudah maju menuliskan ke depan , maka teman yang belum maju tidak boleh menuliskan kata yang sudah dibuat temannya.




          Permainan seperti ini sangat disukai oleh anak-anak. Terlihat sepele tetapi memberikan motivasi yang kuat untuk berpikir, mengingat dan mengali ide. Santai tapi memberikan efek yang baik.

          Anak-anak kelas menulis di SDIT ini juga mempunyai buku pegangan  dalam belajar, buku ‘Fun Writing’ karya penulis Ali Muakhir. Bukunya sangat bagus dan mudah dipahami oleh anak.



          Sama seperti peserta kelas menulis saya yang lainnya. Anak-anak ini juga saya wajibkan untuk selalu menulis diary setiap hari dan membaca buku bacaan bebas. 

          Mereka sangat suka membawa buku bacaan, terutama buku-buku seri KKPK (kecil-kecil punya karya) melihat kecintaan mereka dalam membaca buku tersebut membuat saya sangat senang. Melihat kover dan judul bukunya sering kali membuat saya tersenyum simpul.

          Oh, ya kelas menulis ini dilakukan setiap hari sabtu, selama sebulan bisa tiga atau empat kali jadwalnya. Menyesuaikan dengan jadwal akademik sekolah. Karena di hari sabtu kadang suka juga dilakukan kegiatan bersama. Misalnya out bond, kunjungan, lomba dan lain sebagainya.

          Alhamdulillah, adik-adik ini sudah memiliki karya dalam bentuk buku yang berjudul ‘Guruku Sayang’ berisikan kumpulan puisi. Buku ini juga sudah di launching bersama dengan penulis Ali Muakhir langsung. 



          Saat ini mereka sudah siap dengan buku kedua dalam bentuk antologi cerpen dan puisi. In sya Allah nanti akan dilaunching pada bulan Mei 2016 saat acara perpisahan sekolah.

          Di sini ada juga honornya loh, dihitung dari jumlah pertemuan dalam sebulan dan dibayarkan sebulan sekali. Jadi saya tinggal menyerahkan daftar absen dan materi, lalu cair deh uangnya, hehehe. 

          Mohon doa ya supaya proses buku kedua ini lancar jaya, sudah masuk proses editing loh. Sedikit lagi prosesnya. 

          Salam literasi ya Mommi, semangat
16 comments

waah acaranya seru ya bareng anak2..

amiin..moga dilancarkan proses bukunya yaaa mbaa

Reply

Semoga buku kedua lancar, ya? ^^

Duh senengnya liat mereka yang aktif.

Reply

ah keren adik2 ini, gurunya juga keren, waktu SD ku dulu gak ada kelas seperti ini hiks

Reply

hayu...siapa takut pagi-pagi sabtu begini belajar bareng, supaya cepat pintar

Reply

Wah seruu, jadi kangen dulu pernah ngajar ekskul nulis juga di SDIT daerah Bekasi

Reply

aamiin, terima kasih ya Mb

Reply

aamiin

iya, sya juga ikutan bersemangat

Reply

bener, dulu sya juga gak ada

ma kasih mb

Reply

hahaha, jangan takut kok, bu gurunya baik loh

Reply

wah, pasti seru ya Mb

hayuuk, ngajar lagi Mb

Reply

Mbak Milda ini keren, top markotop. Baru tahu ada Kelas ginian. Ini hanya ada di SD IT mbak?

Reply

hehehe, yuk ikutan gabung

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin