nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Cara Membuat Surat Tanda Kehilangan di Kantor Polisi






          Hari itu, sekitar jam sepuluh pagi saya bergegas ke kantor Polres Kota Bengkulu untuk melaporkan barang kehilangan di sana. Saya ingin membuat surat tanda kehilangan dari kantor polisi. Surat itu penting apalagi  jika ingin digunakan untuk melapor ke lembaga atau instansi yang berkaitan dengan barang yang hilang tersebut.

          Saya baru saja mengalami kehilangan sebuah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk motor metik saya marek Yamaha. Demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara saya harus segera mengurusi surat tanda kehilangan tersebut, agar bisa diproses ke tahap selanjutnya. 

          Di bagian kiri kantor Polres Kota Bengkulu, sudah menunggu dengan ramah bapak Bripka Budi Yanto yang siap membantu dan melayani saya.


          Setelah bertanya apa keperluan dan barang apa yang hilang. Pak Budi dengan sigap segera mengetik laporan kehilangan saya tersebut dengan menggunakan laptop. Di sebelahnya juga sudah tersambung dan menyala sebuah printer. Siap mencetak laporan saya.

          Selain berita acara yang ditulis di kertas tanda kehilangan tersebut. Saya juga harus menyertakan identitas diri seperti KTP. Lalu fotokopi STNK dan BPKB motornya. Saya pun menyerahkan semuanya. Pak Budi mempelajari dengan seksama setiap data yang diperlukan.

          Prosesnya pun tak lama, hanya sekitar sepuluh menit. Akhirnya berkasnya selesai dan saya pun menandatangani kertas tersebut. Berkasnya distempel basah oleh pak Budi.

        Surat yang diberikan adalah asli dan saya dipersilakan untuk memperbanyak , jika diperlukan.

          Dalam membuat surat tanda kehilangan  dari kepolisian ini ada beberapa jenis modelnya. Kali ini karena yang hilang adalah STNK motor maka saya diberikan surat jenis C. Beda lagi jika saya kena jambret, kecurian, kemalingan di rumah dan lain sebagainya.



          Oh, ya dalam membuat surat tanda kehilangan ini saya tak perlu membayar biaya administrasi. Kali ini semuanya gratis teman-teman.

          Masa berlakunya surat tanda kehilangan ini hanya selama satu bulan atau 30 hari sejak surat dibuat atau dikeluarkan. Sehingga kita harus segera melakukan pengurusan terhadap berkas yang hilang tersebut.

          Jika sampai waktunya, urusan kita belum juga selesai. Surat tanda kehilangan tersebut bisa juga diperpanjang kembali. Dengan tahapan dan syarat yang sama seperti yang sudah saya sebutkan di atas ya.

          Setelahnya, surat tersebut sudah dapat segera dipergunakan. Bersama lampiran berkas yang lain. Dulu saya juga pernah mengurus surat tanda kehilangan buku tabungan atau ATM. Setelah proses ini saya bisa langsung melapor ke bank yang bersangkutan dan segera bisa diproses. Dan buku tabungan atau ATM saya sudah bisa diganti.

 Namun karena saya kehilangan STNK maka setelah ini saya harus melakukan proses lainnya. Masih ada 3 tahapan lagi, hehehe.

          Selanjutnya saya diminta pak Budi untuk melakukan berita siaran kehilangan di kantor RRI kota Bengkulu dengan membawa surat tanda kehilangan tersebut.

          Lalu ke bagian Polantas, kembali lagi ke Polres dan terakhir di Polda baru saya bisa mengurusi duplikat STNK tersebut di kantor Samsat. 

          Nanti akan saya jabarkan ya, bagaimana cara mengurusi itu semua secara detil. Tungguin aja tulisan saya berikutnya.  

          Baiklah, setelah ini saya akan bergegas ke kantor RRI untuk membuat berita kehilangan

                Jadi, membuat surat tanda kehilangan itu mudah dan penting ya teman-teman, gak usah takut kok membuatnya. Pak polisinya ramah dan baik-baik.
Baca Juga

Related Posts

16 comment

  1. Saya sudah 2 x membuat surat kehilangan, mbak. sangat mudah dan cepat. jadi teman-teman jangan takut ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mb, karena sebagian teman ada yang yakut berurusan dgn polisi dan ada juga yang dimintai duit :)

      Hapus
  2. wah kemarin suami baru saja membuat surat kehilangan kartu ATM yg tertelan mesinnya, alhamdulillah lancar dan tanpa pungutan liar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap bener mudah dan cepat. saya kemarin jadi agak lama karena dia nanya2, ngapain saya motoin dia, hahaha

      Hapus
  3. Lho, aku kira ribet dan berbayar lho, Mbak. Ternyata ngga, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, mudah kok Mb, polisinya juga banyak yang cakep2 loh,

      Hapus
  4. Wah, ternyata mudah ya? Semoga stnk yang hilang cepat ketemu. Atau lancar dalam proses duplikasinya nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mudah banget, pak polisinya juga ramah kok

      aamiin, semoga ya, aman lancar jaya, hihi

      Hapus
  5. Itu gimana cara ijin buat ambil foto polisinya? *gagal fokus aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya jg mau nanyain hal itu mbak :)))))

      Hapus
    2. hehehe, waktu itu kubilang, pak kufotoin ya

      dia senyum2 aja

      Hapus
  6. Saya juga sering nganterin temen buat surat tanda kehilangan, untuk membuat kartu ATM lagi :)

    BalasHapus
  7. Kalau jaman dulu polisi ngetik suratnya pakai mesin ketik ya mbak? hehehe
    Btw itu polisinya gpp dipoto? :D

    BalasHapus
  8. Temen saya pernah buat surat kehilangan itu , mudah kok cara buatnya, cepet lagi...:-)

    BalasHapus
  9. kalau mengurus buku tabunganyg hilang. apa harus minta surat pengantar rt rw mba? sebelum membuat surat keterangan hilang dr polisi?

    BalasHapus
  10. Saya udh pernah juga kehilangan, kehilangan Hape dan mau ganti No yang sama. Katanya pake surat keterangan dari Polisi, setelah di Cek ternyata Enggak. AKhirnya gak jadi bikin, Nice Info, Thanks Mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin