nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Ternyata Si Hamas ‘Mas Gagah ‘ itu Doyan Gulai Bagar Hiu , Makanan Khas Dari Bengkulu.





Gulai Bagar Hiu Dari Bengkulu


          Ada yang menarik dari seorang Hamas, pemeran Mas Gagah dalam Film Ketika Mas Gagah Pergi. Ternyata pria kece kelahiran 23 tahun yang lalu itu sangat suka makan gulai Bagar Hiu Bengkulu.

          Hah, makan Hiu. Kedengarannya seram ya. Eiit, tapi itu jangan dibayangkan ikan Hiu yang gede ya. Bayangin aja ikannya sudah dipotong-potong dan siap disantap. Hmmm, yummmy. Bakalan nambah deh makannya.

          Gulai bagar Hiu itu apaan sih, nah supaya gak penasaran. Saya kasih tau ya Bagar Hiu itu sejenis makanan seperti apa. Daripada kepo. Nanti setelah saya jelasin, bakalan saya kasih tahu juga resep masakannya ya. Terus jangan lupa dicobain dimasak di rumah. Biar lebih jelas dan berasa, hehehe.

          Jika dilihat dari penampakannya sekilas gulai bagar hiu mirip dengan rendang dari Padang, Sumatera Barat. Yang membedakannya , jika gulai rendang menggunakan santan. Sedangkan Bagar Hiu tidak menggunakan kuah   santan. 

Bagar Hiu juga menggunakan kelapa dalam bentuk parutan kelapa yang disangrai lalu digiling. Makanya kuah Bagar Hiu agak mirip dengan Rendang. Hanya saja kuah Bagar Hiu agak sedikit encer dibandingkan Rendang.

Iakan Hiu Sebelum di Olah


Gulai bagar Hiu akan sangat terasa dilidah saat kita  mulai menggigit daging hiu. Enak banget, baunya juga harum karena menggunakan rempah dan bumbu pilihan.  Daging hiu memang tidak selembut ikan patin, namun tekstur dagingnya cukup lembut saat menyentuh lidah

Lalu, kenapa si Hamas suka makan gulai Bagar Hiu. Ya, jelas donk suka. Itu karena Ummi si Hamas dan keluarganya adalah keturunan dari Bengkulu. Mereka sebelum akhirnya pindah ke kota Surabaya. Tinggal di daerah Pondok Besi yang tidak begitu jauh dari bibir pantai Jakat Bengkulu. Jadi wajar saja kalo si Hamas suka makan gulai Bagar Hiu. 

Hamas dan Umminya


Ikan yang didapatkan juga sangat segar karena baru dibawa oleh nelayan pulang melaut . jadi lebih sehat dan pastinya sangat sedap dimakan. Gizinya juga tinggi. 

Nah, dari pada makin ngences dengan gulai Bagar Hiu tersebut, simak baik-baik ya resep berikut ini. Terus wajib dicobain deh, sebagai gulai bagi keluarga di rumah.

           Resep Gulai Bagar Hiu

Bahan dan bumbu
  • ½ kg ikan hiu, dibersihkan dan dibuang kulitnya
  • ½ kg kelapa tua, di parut, gongseng, lalu ditumbuk sampai keluar minyak
  • 10 buah cabai merah
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 buah cengkeh
  • 1 ruas kayu manis
  • ½ biji pala
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh merica
  • ½ sendok teh klabet
  • 1 ruas jahe
  • ½ ruas jari kunyit
  • ½ ruas jari lengkuas
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • sedikit air asam jawa
  • garam secukupnya
  • 2 sendok makan minyak goreng
Cara membuat
  1. Ikan hiu dipotong segi empat (lebih kurang 5 x 5 cm), semua bumbu digiling halus, kecuali daun jeruk purut dan bawang merah sebagian diiris tipis-tipis.
  2. Minyak goreng dipanaskan, lalu masukkan bawang yang telah diiris tipis, kemudian masukan  ikan hiu yang sudah dipotong pelan-pelan yang sudah  dilumuri bumbu, aduk-aduk sebentar, lalu masukkan air segelas dan setelah mendidih baru masukkan air asam, garam secukupnya dan biarkan sampai mendidih.
  3. Bila sudah mengental, angkat dan siap untuk dihidangkan bersama nasi putih hangat.
             
         Oh, ya bagi teman-teman yang belum tahu sinopsis filmnya. Ini saya kasih bocorannya ya.
Oh, ya hampir lupa saya kasih tau ya sedikit sinopsis filmnya biar gak meraba-raba. Gagah dan Gita merupakan kakak beradik. Sejak Ayah mereka meninggal. Gagah membantu Mama menjadi tulang punggung keluarga sambil kuliah. Gita sangat bangga dengan kakaknya. Menurutnya Abangnya itu adalah sosok lelaki yang nyaris sempurna. Untuk keperluan kuliahnya, Gagah pergi ke Maluku Utara, membantu dosen pembimbing skripsinya menyempurnakan konsep pembangunan menara pemancar di sana. 

Film Ketika Mas Gagah Pergi


         Namun di sana Gagah mengalami kecelakaan saat memasuki wilayah pedalaman. Gagah yang kecelakaan ini dirawat oleh Kyai Gufron, pemimpin pesantren terkenal yang sangat dihormati, orangnya sangat baik dan bersahaja. Gagah sangat menyukai dan simpatik dengan Kyai Gufron dalam kesehariannya, Gagah sangat mengangumi kharismatiknya. Hidayah bagi si Gagah dimulai dari sini.
          Sementara Gita adalah sosok anak muda . Lalu ia sering kali bertemu sosok misterius di berbagai tempat yang kemudian dikenal sebagai Yudi. Yudi  gemar melakukan banyak kebaikan  , memberikan pencerahan dan bersemangat kepada orang-orang yang ia temui. Bahkan Yudi juga terlibat pada berbagai kegiatan sosial di masyarakat.

Setelah dua bulan di Maluku Utara, akhirnya Gagah kembali ke rumah. Betapa terkejutnya Gita karena Gagah berubah sama sekali. Gagah kita terlihat sangat bersemangat menjalankan ajaran islam dan sering kali menasihati Gita untuk menjalankan printah-perintah agama. Gita mulai sebal dengan Gagah. Ia menilai abangnya itu sok alim dan fanatik. Gita kian bertambah syok, saat sahabatnya Tika, akhirnya memutuskan berjilbab. Sama seperti nasihat abangnya untuk mengenakan jilbab. 

Akhirnya Gita semakin bergaul dan mendengar nasihat serta ceramah Yudi, Gita mulai sedikit sadar dan mengerti mengapa Abangnya menyuruh dia berjilbab dan menjalankan perintah agama. 

Cerita selanjutnya, baiknya langsung ditonton aja ya. Apakah Gita akan menggunakan jilbab, lalu bagaimana kondisi Mas Gagah selanjutnya. Gakpapa ya, agak penasaran sedikit. Langsung nonton aja ya. 


Nah, kalo sudah nonton dan punya potongan tiketnya, so jangan lupa ikutan lomba review filmnya ya.

Lomba Review Film Ketika Mas Gagah Pergi

Hadiah lombanya juga menarik loh dan keren. Bikin mupeng dan mau aja. Saya kasih tau ya, info lombanya. Bisa juga dibaca di sini atau buka link yang saya berikan ini, supaya lebih jelas. http://www.mildaini.com/2016/01/cacam-hadiahnya-keren-3-unit-smartphone.html... tinggal klik aja ya manteman semua.  

Hadiahnya juga keren loh, mau tau apa aja. Ini dia hadiahnya. 

1.   3 unit smartphone
2.   10 kaos keren KMGP
3.   10 buku KMGP bertandatangan asli 4 pemeran utama
4.   5 paket buku dari Toko Buku Afra
5.   4 paket busana muslimah Qarmey

Keren kan hadiahnya, apalagi kalo mendapatkan salah satu dari 10 buku yang bertandatangan para pemainnya. So, pasti kece sekali. Duh, jadi kepengen juga. 

Caranya?

1.   Tulis review KMGP di blogmu dengan backlink ke web FLP: www.flp.or.id dan web KMGP:www.kmgpthemovie.com
2.   Panjang tulisan bebas
3.   Wajib follow twiter FLP: @FLPoke IG: @FLPOke Facebook:  /ForumLingkarPena
4.   Sertakan foto kerenmu di blog bersama Potongan tiket bioskop
     5.   Lomba dibuka 22 Januari 2016 dan ditutup 5 Februari 2016
     6.   Pemenang akan diumumkan saat acara Milad FLP ke 19 tanggal 22 Februari 2016
     7.   Keputusan dewan juri tak dapat diganggu gugat.

Asik kan, selain dapat tontonan yang bagus, dapat pelajaran dan inspirasi. Kita juga bisa mendapatkan berbagai jenis hadiah dengan mengikuti lombanya. Hayuuk, jangan mau ketinggalan ya.

Ditunggu ya partisipasinya. Ikut lombanya dan rebut hadiahnya. 

Oh, ya jangan lupa berikan komentar dan folow blognya ya. Yang udah folow nanti saya folbek juga deh, asal ada alamat blognya.


Baca Juga

Related Posts

4 comment

  1. wahh waktu mas gagah ke bengkulu aku nggak sempet dateng hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, filmnya udah nonton kan. ikutan lombanya ya...sapa tau menang dek

      Hapus
  2. aku belum nonton, mba. hehe. semoga bisa nonton besok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya doain deh semoga bisa nonton terus ikutan lombanya ya. sapa tau menang , jadi balik modal, hehehe

      detlen tgl 5 ya say

      Hapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin