Menu

Sabtu, 12 Desember 2015

/


 
Pulau Bali Dilihat Dari Jendela Pesawat Lion

        Minggu lalu penumpang langganan saya tertinggal pesawat dalam rute Bks – Ckg. Dia memilih penerbangan paling pagi, jam enam. Karena akan melanjutkan kembali perjalanan  menuju Kampung Pare/ Kampung Inggris di daerah Malang. Dia juga sudah memesan tiket keretanya, sehingga semua perjalanan diharapkan lancar jaya pagi itu.

        Namun, ketika jam hampir menunjukkan setengah enam, saya sudah di telpon oleh pihak maskapai LION, memastikan bahwa dia seharusnya sudah boarding dan sudah ditempat. Saya pun sibuk menelpon dan meng SMS dia, tidak ada jawaban. Ya, sudah saya berpikiran positif saja, semoga dia mendengar telpon dan membaca sms saya sehingga semua baik-baik saja. Mungkin dia sedang sibuk boarding, pikir saya waktu itu. Semuanya akan baik-baik saja, doa saya dalam hati.

        Aha, jam setengah tujuh, dia menelpon saya, bercerita kalo dia ketinggalan pesawat dan ingin membeli tiket lagi untuk jam penerbangan berikutnya. Ya, dia harus tetap berangkat karena kalo tidak tiket keretanya juga akan hanggus saja. Lebih rugi kan. Saya sedih sekali saat itu, kondisi ini adalah kali kedua dia mengalami hal ini. Dulu dia juga pernah ketinggalan pesawat saat akan ke Bali. Duh, saat itu saya geger banget, tapi ternyata dia tidak belajar dari penerbangan yang dulu ya. Kok, bisa terlambat lagi, hehehe.

        Oleh karena itu, ini saya berikan informasi kepada teman-teman supaya gak telat lagi ya atau tertinggal peswat. Catatan penting ini sebenarnya selalu ada di lembaran tiket yang kita beli. Namun sebagian agen atau kita sendiri tidak mencetak lembaran ini. Jika dicetak pun kita suka lupa membacanya, padahal ini penting. Terkadang kita juga suka mengabaikannya.

Perhatikan hal penting berikut ini ya :

Saat akan cek in keberangkatan, hal ini yang harus dilakukan ya
1. Mohon tiba di Bandara selambat-lambatnya 90 menit sebelum keberangkatan untuk domestic atau 2 jam untuk internasional.
2. Cek-in ditutup 45 menit sebelum jam keberangkatan.
3.Mohon tiba di gerbang keberangkatan 30 menit sebelum keberangkatan.
4. Bila anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit mohon menunjukan kartu tersebut berserta pemegang kartu untuk verifikasi pada konter cek in atau proses boarding anda dapat dibatalkan.

        Untuk bagasi Lion Grup, kententuannya adalah
 Bagasi cuma-cuma Lion Air Group:
- Lion Air = Penerbangan Domestik (Kelas Bisnis 30Kg dan Kelas Ekonomi 20Kg), Penerbangan Internasional(Kelas Ekonomi
20Kg)
- Wings Air = Kelas Ekonomi 10Kg
- Batik Air = Kelas Bisnis 30Kg, dan Kelas Ekonomi 20Kg
- Thai Lion Air = Kelas Ekonomi 15Kg
- Malindo Air = Penerbangan Domestik (Kelas Bisnis 30Kg dan Kelas Ekonomi 15Kg), Penerbangan Internasional(Kelas
Bisnis 30Kg dan Kelas Ekonomi 20Kg)

        Jika ingin membawa barang dalam jinjingan atau mau kita letakkan di kabin pesawat, untuk penumpang kelas Economi diperbolehkan membawa barang bawaan maksimum seberat 7Kg ke dalam kabin. Tasnya yang kecil ya, jika akan dinjinjing. Kalo besar sebaiknya diletakkan dibagasi aja supaya gak kerepotan.

Untuk penumpang yang akan menggunakan kursi dorong persyaratan dan ketentuan adalah
* Jasa kursi roda Lion Air Group:
1. Kursi roda adalah layanan tambahan yang disediakan oleh maskapai pada saat keberangkatan dan kedatangan dengan
menggunakan asset perusahaan
2. Layanan tersebut disediakan untuk semua rute domestik dan internasional Lion Air-JT, Wings Air-IW dan Batik Air-ID.
3. a. Biaya layanan kursi roda rute domestik sebesar IDR 50.000
b. Biaya layanan kursi roda rute internasional (origin Indonesia) sebesar IDR 100.000 kecuali dari dan ke Singapore (SIN)
c. Biaya layanan kursi roda khusus dari dan ke Singapura (SIN) sebesar SGD 30.00
d. Biaya penanganan UM (Un-accompanied Minor) dari dan ke Singapura (SIN) sebesar SGD 30
e. Biaya layanan kursi roda yang dibayarkan di luar Indonesia mengikuti nominal harga yang tertera pada sistem

        Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah ketika hendak booking atau membeli tiket, tiket tersebut ada kategorinya. Lihat kententuannya dengan baik ya.
* Promo spesial:
- Kelas R = Airport tax ditanggung oleh airline
- Kelas O = PPN di tanggung oleh airline
- Kelas U = Airport Tax dan PPN di tanggung oleh airline

        Keterangan di atas adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para penumpang pesawat. Terutama penumpang maskapai LION Air. Tetapi sebagian besar maskapai penerbangan mempunyai ketentuan yang hampir sama, jadi mirip-miriplah peraturannya.

        Naik, pesawat jangan sampai ketinggalan lagi ya, lebih baik sedikit menunggu daripada ruginya banyak, hehehe. Saat menunggu bisa kita manfaatkan untuk membaca buku, silaturahim ama temen lewat gagjet dll. Jika membawa keluarga atau teman, saat menunggu bisa dimanfaatkan untuk ngobrol lebih dekat lagi dengan teman atau keluarga kita, jadi makin akrab ya.
4 comments

Gambar postingannya ngelewatin garis tuh. Offside.. hehe

Reply

iya, udah saya edit lagi. kemarin pas usah posting saya mau ganti templatenya, eh...tau2 ada urusan tak tinggal dulu

ma ksih yang Bang masukannya :)

Reply

Siapa mi? Kenalin dong, nisha pesan tiket tanggal 8 itu juga buat ke pare lho mi..

Reply

semangat ya, mudahan Nisa gak telat dan semangat belajar di Parenya

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin