Menu

Selasa, 29 Desember 2015

/



          Tahun baru selalu identik dengan terompet. Ada berbagai jenis terompet yang dijual menjelang tahun baru. Bentuknya juga bermacam-macam. Harga terompet juga berbeda-beda tergantung dari bahan dan terompetnya. 

          Namun pada akhir tahun 2015 ini saat menjelang pergantian tahun menuju tahun 2016. Ditemukan terompet yang menggunakan kerta yang bertuliskan ayat-ayat suci Al- Quran. 

          Hal ini tentu saja membuat umat islam di sejumlah tempat resah dan marah. Saya juga berpikiran sama dengan mereka. Kenapa sih, harus menggunakan kertas yang bertuliskan huruf-huruf ayat suci A;-Quran tersebut. Emangnya gak ada kertas lain. 

          Berikut ini saya mau membagikan informasi mengenai terompet yang bertuliskan ayat suci Al-Quran tersebut, supaya kita lebih paham dan hati-hati dalam membeli terompet untuk anak-anak . 

          Cerita berawal pada hari Berita acara Pada hari Minggu tanggal 27 Desember 2015 Pkl 16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB)   telah didapat informasi dari Kyai. Kresno Abrory ( Tokoh NU ) yang beralamat  di Kelurahan  Kebondalem Kecamatan Kota Kendal bahwa di mini market Alfamart Kelurahan  Kebondalem Kecamatan Kota Kendal menjual terompet yang terbuat dari sampul Al Qur’an berwana hijau bertuliskan kementrian Agama RI tahun 2013 dan kaligrafi arab bertuliskan lafadzh Alqur’anulkarim 

Adapun Saksi – saksi yang ikut melihat adanya terompet yang bertulisakan ayat suci Al-Quran tersebut adalah  : pertama  bapak Khoerul Amin , yang berusia 20 tahun, beragama Islam selaku karyawan  Alfamart Kebondalem, yang beralamat di  Desa. Purwokerto Rt. 02/ 01 Kec. Patebon Kab. Kendal.

Kedua, Ibu Nurfatoni, berusia 25 tahun yang beralamat di  Desa Ringinarum Kecamatan Ringinarum, karyawan Alfamart Purin  yang beralamat di Kecamatan Patebon.

Ketiga bapak Abdul Basir bin Jumani, berusia 40 tahun, yang beralamat di Desa Pagerdawung Rt. 01/ 02 Kecamatan Ringinarum – Kendal, selaku Manager Alfamart wilayah Kendal. 

Kronologis kejadian ditemukannya terompet ini sebagai berikut sekitar  pukul 16.00 Wib salah satu warga menyampaikan permasalahan tentang terompet berbahan sampul Al Qur’an kepada Ky. Kresno Abrory ( Tokoh NU ) warga  merasa resah dengan beredarnya terompet dimaksud ( dijual di Alfamart Kebondalem ) dan bermaksud akan melaporkan temuan tersebut kepada Organisasi Masyarakat  NU.

Namun tindakan ini dicegah oleh Ky. Kresno Abrory kemudian beliau melaporkan temuan tersebut ke Polres Kendal dengan maksud agar aparat hukum yang melakukan langkah pengamanan. 

Adapun langkah-langkah  yang telah di lakukan adalah pertama  Melakukan pengecekan langsung ke Alfamart Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal dan ditemukan terompet berbahan sampul Al Qur’an sebanyak 14 buah dari stok 60 buah yang diterima pada tanggal 05 Desember 2015 dari gudang Alfamart Jl. Wijayakusuma Semarang dan sisa terompet di Polres Kendal. 

Kedua,  Melakukan pengecekan ke minimarket Alfamart di wilayah Kabupaten Kendal dan ditemukan penjualan terompet dimaksud dengan program promosi special terompet tahun baru seharga Rp. 3.500 ,- periode 16-31 Desember 2015. 

Ketiga, Melakukan langkah pengamanan barang bukti terompet dimaksud yang dikoordinasikan dengan pihak manager Alfamart Kabupaten Kendal Abdul Basir bin Jumani ( alamat Desa. Pagerdawung Rt. 01/ 02 Kec. Ringinarum – Kendal ). 

Keempat,  Melakukan interograsi terhadap manager Alfamart 

Kelima,  Melakukan pengamanan terompet dimaksud dari mini market Alfamart yang ada di wilayah Kabupaten Kendal oleh Polsek jajaran dengan rincian:
1). Alfamart Kebondalem Kendal : stok 60 sisa 14 biji
2). Alfamart Purin Patebon: Stok 30 sisa 8 biji
3). Alfamart Sijeruk Kendal: Stok 60 sisa 8 biji.
 4). Alfamart Karangsari Kendal: stok 60 sisa 34 biji
5). Alfamart Jl Laut Kota Kendal : stok 60 sisa 5 biji
6). Alfamart Ds. Pageruyung: stok 30 habis terjual
7). Alfamart Sedayu- Gemuh: stok 60 habis terjual.
 8). Alfamart Botomulyo Cepiring: stok 60 habis terjual
 9). Alfamart Sriagung Cepiring: stok 60 habis terjual
10). Alfamart Karangayu Cepiring: stok 60 habis terjual
11). Alfamart Juwiring- Cepiring: stok 60 sisa 1 biji
12). Alfamart Jl. Raya Weleri: stok 60 sisa 1 biji
13). Alfamart Jl. Tamtama Weleri: stok 60 sisa 3 biji
14). Alfamart Montongsari-Weleri: stok 30 sisa 2 biji
15). Alfamart jl.Pemuda Boja: stok 30 sisa 3 biji
16). Alfamart Rowosari: stok 30 habis terjual.
17). Alfamart Jl Weleri-Gemuh: stok 30 sisa 1 biji
18). Alfamart Jl Weleri-Gemuh: stok 30 sisa 1 biji
19). Alfamart Brangsong: stok 40 sisa 8 biji
20). Alfamart Sekopek Kalwngu: stok 40 Sisa 6 biji
21). Alfamart Plantaran Kalwungu: Stok 40 Sisa 8 biji 1. 

Setelah dilakukan pengecekan ternyata erompet tersebut dikirim pada tanggal 5 des 2015 dari Suplayer Saudari. Hana No. HP. 08157614630 yang beralamat di  Jl. Pederesan besar No. 96 Semarang dengan gudang dikawasan Industri wijaya kusuma Jl. Randugarut 12 Semarang. Sedangkan penanggungjawab pengiriman barang / terompet ke minimarket Alfamart. Saat ini tlh diamankan dan sedang dalam riksut Polres.

Selain di Kabupaten Kendal, terompet tersebut juga ditemukan di daerah Pamengkasan, Jawa Timur. Pengrajinnya juga sudah diamankan dan diperiksa oleh aparat keamanan. Aparat polisi juga mengecek dan mengawasi penjualan terompet di berbagai daerah lainnya di Indonesia. 

Duh, ngeri ya, beberapa waktu lalu kita digegerkan dengan penemuan sandal yang bertulisakan ayat-ayat suci Al-Quran. Sekarang terompet, esok lusa entah apa lagi. 

Saya berharap hal ini tidak akan terulang atau muncul kembali dengan modus-modus yang baru. Walau bagaimana pun hal tersebut bisa memancing keresahan dan kemarahan umat islam dan bia mengganggu kerukunan serta kenyamanan masyarakat. 

Semoga para pengrajin terompet bisa lebih berhati-hati lagi dan bisa mencari cara kreasi yang lain yang lebih kreatif.



2 comments

Aamiin. Semoga semuanya doa diijabah :)

Reply

aamiin, iya Mb. ada2 aja kegiatan orang2 ni :)

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin