Menu

Senin, 16 November 2015

/






Kali ini kita akan membahas seputar sayuran yang bernama Brokoli dan beberapa resep masakan yang berbahan baku brokoli. Namun sebelum kita membahas mengenai resep msakan yang berbahan baku brokoli. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran brokoli tersebut sehingga kita menjadi lebih paham dan bersemangat dalam memasaknya dan tentu saja saat memakannya. 

Brokoli merupakan anggota dari keluarga tanaman kol atau kubis. Sayuran ini sangat kaya akan vitamin C, bahkan lebih tinggi daripada kandungan vitamin C dalam jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam menyerap zat besi. 

Dalam 100 gram brokoli yang dimasak mengandung 56 mikrogram asam folat dan 88 miligram kalsium.  Brokoli merupakan sayuran yang rendah kalori, lemak dan sodium, bebas kandungan lemak tak jenuh, tinggi kalium, serta tidak mengandung kolesterol. 

Brokoli juga merupakan sumber serat larut. Serat larut adalah serat yang berfungsi untuk melancarkan buang air besar dan juga pencernaan. Brokoli kaya akan kalsium dan asam folat. Folat merupakan salah satu vitamin yang sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. 


Brokoli  merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum. Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71,8 mb kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu ). Vitamin K yang terkandung dalam brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah. Brokoli juga mengandung karoten dan lutein. 

Brokoli juga mengandung sulforatan yaitu antioksidan yang paling ampuh. Brokoli juga berkhasiat untuk meningkatkan kecerdasan, memulihkan kondisi tubuh setelah sakit, dan memperlancar masuknya asam amino ke otak. 

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli ya. Meskipun harga brokoli di pasar terkadang masih mahal. Namun kita boleh membeli brokoli dalam jumlah sedikit dan mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Iya, tidak mesti setiap hari, bisa jadi satu pekan sekali atau bisa jadi dua pekan sekali. 



Untuk mengatasi kebutuhan akan sayur brokoli yang harganya mahal . kita bisa mencoba mengatasinya dengan menanam brokoli sendiri di rumah. Caranya juga mudah, bibit tanaman brokoli juga bisa kita dapatkan dengan mudah di toko pertanian. Biasanya bibit tanaman brokoli dijual bersamaan dengan bibit sayur kol. Cara menanamnya di perkarangan rumah bisa dengan menggunakan pot atau plastik tanaman atau polybag. Cara merawatnya juga mudah, brokoli juga tahan dengan panas dan hujan. Saran ini bisa dicoba ya di rumah. Menanam brokoli sekaligus menanam kol. Kalo bunga kol atau brokolinya belum muncul, kita bisa memanfaatkan daunnya untuk di masak.

Baik sekarang saya akan memberikan beberapa informasi mengenai resep masakan yang berbahan baku brokoli, bahan yang digunakan sangatlah mudah ditemukan, cara membuatnya pun sangatlah mudah. Apalagi rasanya saat memakannya, tak kalah dengan masakan koki di restoran. Selamat mencoba ya .

1.     Cah Tahu Brokoli
Bahan
·         150 gram tahu sutra, celupkan ke dalam telur kocok, goreng
·         150 gram brokoli, potong sesuai kuntum
·         100 gram wortel, potong serong
·         1 batang daun bawang, potong serong
·         150 ml kaldu ayam
·         2 sendok teh tepung maizena (kanji), larutkan dengan 3 sendok air
·         Minyak goreng secukupnya
Bumbu
·         2 potong bawang bombay, cincang
·         2 butir bawang putih, cincang
·         2 siung bawang putih, cincang
·         2 sendok makan saus tiram
·         1 sendok makan kecap manis
·         1 sendok teh kecap asin
·         ¼ sendok teh lada bubuk
·         ½ sendok teh garam halus
Cara membuat
·         Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan potongan tahu, aduk sampai rata. Kemudian masukkan kaldu dan larutan tepung maizena, masak hingga mendidih. Masukan saus tiram, kecap manis, kecap asin, lada dan garam
·         Tambahkan brokoli, wortel, daun bawang. Masak hingga semua bahan matang, angkat dan hidangkan. Untuk 3 porsi.



2.     Sup Wortel Brokoli

Bahan- bahan
·         500 ml kaldu ayam
·         100 gram daging ayam rebus, iris kecil-kecil
·         50 gram wortel, dipotong dadu kecil
·         100 gram brokoli, iris kecil
·         ¼ sendok teh merica bubuk
·         Pala bubuk secukupnya
·         Garam secukupnya
·         1 tangkai seledri
·         Peterseli
·         1 tangkai daun bawang bombay atau satu buah bawang bombay ukuran sedang
·         ½  sendok thyme
        Cara Membuat
1.      Untuk membuat kaldu ayam. Rebus 100 gram daging ayam dan tulang ayam dengan 1 liter air.
2.      Masukan 2 wortel , 1 tangkai daun bawang bombay, 1 tangkai seledri, peterseli, serta ½ sendok thyme. Rebus di atas api kecil hingga kaldu tinggal setengahnya. Angkat lalu saring.
3.      Rebus kaldu, masukan daging ayam, wortel dan brokoli. Beri merica, pala dan garam, aduk merata. Setelah sayuran masak lalu angkat.
4.      Hidangkan sup dalam mangkuk selagi hangat. 




3.     Sup Tomat Isi Brokoli
Bahan- bahan
·         3 sdm mentega
·         3 sdm tepung terigu
·         100 ml susu
·         250 gram tomat matang, diblender lalu disaring menjadi 500 ml
·         50 gram keju parut
·         Garam secukupnya
·         1 sdm pasta tomat
·         Merica bubuk secukupnya
·         Gula pasir secukupnya
·         1 batang daun seledri
·         100 gram brokoli, direbus lalu dipotong kecil
       Cara Membuat
1.      Lumerkan mentega, masukan tepung terigu. Aduk-aduk sambil dituangi susu dan tomat sedikit demi sedikit.
2.      Masukan sebagian keju, garam, pasta, tomat, merica, gula pasir dan seledri, aduk rata. Rabus hingga mendidih (Jika mau, beri sedikit thyme)
3.      Setelah mendidih, masukan brokoli. Angkat dan hilangkan dalam mangkuk sup. Beri sisa keju parut untuk taburan dan hidangkan selagi panas.



Di dalam dua resep di atas, digunakan daun thyme sebagai tambahan bumbu dalam memasak. Apa sih itu daun tyme. Sebaiknya kita cari tahu ya, apa itu daun thyme yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. 

Tanaman rempah asal Mediteranian yang kini populer diseluruh belahan bumi. Kuliner Indonesia tidak mengenal daun thyme (Thymus spp) sebagai bumbu. Thyme lebih banyak digunakan di dapur eropa dan sebagian timur tengah. Dipasaran  dijual dalam bentuk segar dan kering. Aromanya harum dan khas, memberikan efek rasa gurih, harum serta meningkatkan citarasa lezat .

Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan yang dipanggang, sup atau stew (masakan dengan sedikit kuah). Baik olahan ikan, unggas maupun daging.
Segala jenis olahan daging, ungas, seafood dan pasta terasa lebih sedap jika ditambahkan dengan bumbu daun thyme atau thyme. Daun ini juga dapat mengurangi aroma amis ikan atau daging. Gunakan sejumput untuk membumbui hidangan dan aroma khas pun akan terbentuk dari bumbu dapur ini.


Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin