Menu

Senin, 23 November 2015

/


 


Ibu hamil sering kali mengalami sakit punggung. Rasa sakit ini bisa dirasakan sejak masuk kehamilan 6 minggu hingga mendekati mau melahirkan. Namun ada juga yang mengalami rasa sakit punggung ini pada saat memasuki trimester kedua kehamilan atau pada bulan ke empat dan sebagian orang lagi mengalami kesakitan pada punggungnya menjelang bulan-bulan terakhir.

Banyak faktor penyebab rasa sakit tersebut. Namun sebagian besar rasa sakit itu disebabkan oleh karena kurangnya kalsium dalam makanan yang dikonsumsi ibu.

Kalsium dibutuhkan oleh Ibu hamil sebesar  800 mg/hari. Kalsium diperlukan terutama pada trimester 3 supaya pembentukan tulang dan janin tidak mengambil persediaan kalsium ibu.

Gigi dan tulang janin mulai terbentuk sejak memasuki usia ke 4-5 minggu ya, jadi ibu hamil memerlukan asupan kalsium lebih banyak dari biasanya. Bisa jadi dua kali lipat. 
Waktu saya hamil selain sakit punggung, saya juga sering mengalami gusi berdarah bahkan sempat sakit gigi. Saat saya konsultasikan dengan dokter, ternyata itu juga merupakan salah satu tanda bahwa tubuh saya kekurangan kalsium.

Sakit punggung ini sering saya rasakan ketika hendak berbaring, memutar badan ke kiri dan ke kanan atau bangun dari posisi sedang tidur. Sakitnya akan semakin bertambah jika sebelumnya saya melakukan aktivitas yang cukup berat, berjalan terlalu jauh atau setelah mengendarai kendaraan.

Sumber kalsium yang paling baik ya ada di dalam makanan yang bertulang. Makanya saya sering kali masak sop atau pindang tulang. Akan tetapi meski kita mengkonsumsi makanan itu setiap hari, daya serap kalsium di dalam tubuh kita belum tentu banyak dan baik. Oleh karena itu kita perlu tambahan supleman kalsium. 


Selain itu kalsium juga dapat kita peroleh dari susu dan olahannya, ikan/hasil laut, sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan. Sayuran hijau murah meriah dan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. sayuran juga bisa ditanam di perkarangan rumah. Ibu hamil sebaiknya setiap hari mengkonsumsi sayuran hijau. 

Kalsium tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik tanpa bantuan Vitamin D. Oleh karena itu saya juga sering berjemur di pagi hari. Antara jam 7 – 9 pagi untuk mendapatkan asupan vitamin D. Bukankah sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D yang terbaik selain itu gratis ya , hehehe.

Oleh karena itu saat konsultasi ke dokter, mintalah pentunjuk dokter suplemen yang mengandung kalsium jenis apa yang baik untuk kita konsumsi, dosisnya berapa banyak dan kapan waktu yang tepat untuk minumnya.
Kalsium juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan kalsium janin tidak mengambil kalsium pada ibu selain itu kalsium juga berguna bagi ibu hamil karena dapat mencegah resiko osteoporosisi dan pengurangan pada masa kekerasan tulang.

Meskipun kita sudah minum suplemen kalsium rasa sakit punggung tidak serta merta langsung hilang. Oleh karena itu kita perlu juga melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi rasa sakit tersebut.
Tindakan tersebut, di antaranya adalah
1.   Lakukan olahraga, terutama olaharaga atau gerakan-gerakan yang diperbolehkan untuk ibu hamil.
2.   Perhatikan asupan makanan, pilihlah jenis makanan yang mengandung kalsium yang diolah dengan baik.
3.   Jika ingin mengambil sesuatu dari tanah. Jangan menekuk pinggang, tetapi sebaiknya menekuk lutut dan ambillah secara pelan-pelan.
4.   Tidurlah di atas ranjang atau temapt tidur yang agak keras dan tidak empuk
5.   Jika bangun dari tempat tidur lakukanlah dengan cara perlahan-lahan
6.   Jika melakukan perjalanan atau berpergian pastikan ibu hamil menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman. Serta duduklah dalam posisi yang baik.
7.   Mandilah dengan air hangat dan pijatlah otot-otot punggung dengan lembut. 
Demikianlah , itu tadi beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau mengobati sakit punggung selain dengan minum suplemen.
Selamat mencoba ya, Mommy. Semoga kehamilannya selalu sehat ya. Aamiin.

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin