Menu

Minggu, 29 November 2015

/






Sejarah KCB (Komunitas Cinta Buku)

Istilah ini saya cetuskan ketika mengajar mata pelajaran tambahan /mulok (muatan lokal) Pengembangan, Penalaran dan Pengembangan Minat Baca (PPMB) sebagai salah satu mata pelajaran yang mendorong keberadaan perpustakaan sekolah. 

Hal ini karena pada mata pelajaran PPMB ini akan diajarkan semua hal yang berkaitan dengan seluk –beluk membaca dan buku. Dua hal yang diharapkan akan saling mendukung menjadi pintu jendela dunia kepada anak didik.

Adapun KCB dibentuk sebagai wadah tambahan untuk mendukung kegiatan di luar jam sekolah. Dimana peserta didik akan mendapatkan teori tentang membaca dan buku pada mata pelajaran PPMB, lalu dengan adanya KCB mereka akan diminta langsung praktik dari teori yang mereka dapatkan. Dalam berbagai bentuk, sampai akhirnya mampu menghasilkan sebuah karya yaitu buku

Oh, iya mata pelajaran PPMB ini disampaikan dalam dua jam tatap muka sebanyak satu kali pertemuan dalam seminggu.

Sedang kegiatan KCB, dilakukan di luar jam tatap muka, biasanya sepulang sekolah. Kondisi belajarnya pun lebih santai dan menyenangkan. Boleh berpakaian bebas, selalu membawa buku kesukaan di luar pelajaran sekolah.

Logo Komunitas Cinta Buku


Apa Istimewanya KCB

KCB adalah kelompok para pencinta buku serta pengunjung setia perpustakaan sekolah. Mereka tentu saja istimewa karena diantaranya. 

Pertama, selalu mendapatkan kesempatan pertama untuk tahu tentang buku-buku baru koleksi perpustakaan. 

Kedua, setiap anggota KCB diperbolehkan meminjam buku lebih banyak dari anggota perpustakaan lainnya. Misalnya boleh meminjam 4 buku sekaligus per minggu. Mereka yang menjadi rujukan .

Ketiga, mereka jadi rujukan utama bila pengelolah perpustakaan mau membeli buku baru.

Keempat, mereka boleh ikut belanja buku ke toko buku

Kelima, ada pendampingan khusus dari pihak pengelolah perpustakaan

Keenam, boleh ikut pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang spesial diadakan untuk anak-anak KCB

Ada yang berminat? Yuk gabung di KCB

Peserta  Orientasi KCB


Program Kerja KCB Selama Satu Tahun Pelajaran 


Dari KCB untuk KCB
No
Nama kegiatan
Waktu pelaksanaan
Penanggung
jawab
Anggaran dana
Ket
1.
LOVELY KCB




2.
Gladi book mania




3.
Nonton bareng




4.
Pelatihan tentang dunia kepenulisan




5.
Resensi buku




6.
Pelatihan tentang resensi buku




7.
Pelatihan tentang dunia perpustakaan




8.
Storry telling




9.
Study banding ke perpustakaan lain




10.
Training motivasi




11.
Pelatihan membuat karya tulis (puisi, cerpen, artikel dll)




12.
Menerbitkan buku




13.
Bedah buku




14.
Pelatihan karya tulis ilmiah (KTI)




15.
Jumpa penulis





16.
Wakaf buku







Dari  KCB Untuk Semua
No
Nama kegiatan
Waktu pelaksanaan
Penanggung
jawab
Anggaran dana
keterangan
1.
Bedah buku




2.
Pameran buku




3.
Lomba resensi buku




4.
Lomba puisi




5.
Lomba cerpen





Keterangan 

LOVELY KCB, adalah kegiatan training dalam rangka penerimaan warga baru KCB. Kegiatannya berupa pembekalan materi, diskusi, outbond, game, pelantikkan pengurus.
 
Mengenal Berbagai Jenis Media Massa

Setiap anggota baru wajib memiliki satu buah kaos KCB dan pin KCB
GLADI BOOK MANIA, kegiatan untuk mengembangkan kemampuan warga KCB, kegiatannya berupapemberian materi, diskusi, training, dan motivasi

Belajar Menuliskan Ide Untuk Menulis

WAKAF BUKU, kegiatan para KCB untuk mengajak teman-temannya untuk wakaf buku di perpustakaan, dilakukan dua kali periode. Selama masa classmeeting sekolah.
*Kegiatan tersebut menyesuaikan dengan kondisi dan kalender akademik masing-masing sekolah 

Peserta KCB Bersama Pihak Sekolah SDIT IQRA 2 Bengkulu


MENERBITKAN BUKU, Warga KCB dalam setahun atau dua semester pertemuan. Diharapkan dapat menerbitkan buku minimal dua buah karya dalam bentuk antologi (menulis sebuah buku bersama-sama) dan diterbitkan serta memperoleh no ISBN

Pengarahan Oleh Milda Ini, Penanggungjawab Program KCB


Duta Baca Perpustakaan

Dalam kegiatan KCB salah satunya adalah menghasilkan para pengunjung perpustakaan yang terbaik. Kegiatan ini diberi nama pemilihan duta perpustakaan. Dengan kriteria adalah pengunjung yang terbanyak meminjam buku diperpustakaan selama satu semester. Nanti pengurus perpustakaan akan merekap nama-nama pengunjung dan mengklasifikasi mereka. Pihak sekolah diharapkan dapat menyiapkan hadiah dan piagam sebagai hadiah kepada pemenang. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu sarana untuk memotivasi kunjungan ke perpustakaan. Dalam satu tahun diharapkan terdapat dua kali pemilihan.

Bazaar Baca Buku 


Siapa Saja Anggota KCB

Siapa saja boleh menjadi anggota KCB dengan ketentuan sebagai berikut, dimulai dengan anak didik sekolah dasar.  Sebagian besar untuk murid SD dimulai dari kelas 3.
Murid SMP dan SMA sederajatnya.
Sanggup mengikuti semua kegiatan KCB secara maksimal. Membayar uang pendaftaran ( Mendapatkan sebuah kasoa buah kaos KCB dan panduan kegiatan KCB. Mengikuti kegiatan Lovely KCB secara tuntas ) Besaran uang pendaftaran menyesuaikan dengan harga baju kaosnya.
 
Audisi Menulis Buku Antologi Puisi Guruku Sayang

Waktu Pelaksanaan

Kegiatan KCB dilakukan selama sembilan puluh menit atau dua kali jam pelajaran sekolah. Setelah jam efektif sekolah selesai atau pada saat sepulang sekolah

Kegiatan KCB dilakukan selama dua semeter atau selama satu tahun pelajaran sekolah. Dimulai setiap tahun ajaran baru dan berakhir pada saat sebelum pembagian raport semester.

 
Pelatihan Menulis Bersama Penulis Ali Muakhir

Hasil yang diharapkan



Hasil akhir yang diharapkan, tumbuhnya minat baca yang tinggi, ramainya perpustakaan yang dikunjungi sebagai tempat belajar dan mencari ilmu, terciptanya sumber daya anak didik yang cerdas, kritis dan peduli terhadap kemajuan dan yang paling diharapkan terbitnya karya anggota KCB dalam bentuk  buku sebagai wujud eksistensi kecintaan mereka terhadap buku.



Buku Antologi Puisi Guruku Sayang yang dilaunching oleh penulis Ali Muakhir

Sekolah dapat menerbitkan buku secara rutin, satu hingga dua buah judul pertahun. Dimana karya ini merupakan karya siswa-siswi dan para guru. 
Penulis Buku Antologi Puisi Guruku Sayang


Biaya dan Transportasi

Kegiatan KCB ini dikenakan biaya seperti biasa pada pada pembiayaan eskuls yang ada di sekolah. Biaya transportasi team pendamping disesuaikan dengan anggaran dana dan biaya eskul pada umumnya. 

Biaya honor pendamping KCB, dihitung persatu semester sebanyak berapa kali jumlah  pertemuan. Dengan biaya setiap kali pertemuan biasanya menyesuaikan dengan besarnya honor pelatih eskul yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Pembayaran Honor ini dilakukan setiap bulan dan dilakukan di bulan berikutnya. Dengan menyertakan absensi dan laporan kegiatan. Misalnya, dimulai sejak Januari, maka pembayaran honor dilakukan di bulan Februari. 

Namun, bisa juga perjanjian kerjasama ini dilakukan dengan sistem pembayaran dimuka.Pada saat kontrak kerjasama akan dimulai. Di dalam ajuan  proposal kerjasama sudah dicantumkan berapa jumlah rencana pertemuan dan berapa besaran bayarannya. Satu semester itu dimulai pada saat jadwal sekolah baru dimulai dan berakhir pada saat sebelum pembagian raport semester.

Pelatihan Menulis Bersama Penulis Agus M Irkham


Team Pendamping dan Pembimbing

Mildaini,  bersama pengurus dan anggota Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu


 Demikianlah, kami berharap dengan kehadiran KCB di sekolah dapat memotivasi semakin banyak pelajar yang cinta membaca, suka menulis dan bekarya. Diharapkan ke depan program ini dapat dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah.

                                                                        Bengkulu,
                                                Penanggungjawab program KCB
                                                Milda Ini
















Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin