Menu

Rabu, 25 November 2015

/






Musim penghujan, musimnya kutu rambut berkembang. Masa sih? Iya, gak percaya. Terutama pada anak-anak. Alasannya takut mandi, keramas itu bikin mandinya lama, matanya jadi pedih, mandinya bikin dingin. Kalo lama-lama mandi nanti bisa masuk angin.

Hmmm, anak-anak biasa aja ya kasih alasan kalo disuruh keramas. Padahal malas cuci rambut itu adalah awal masuknya kotoran dan dapat menyebabkan munculnya telur dan kutu rambut. 

Ada telur dan kutu di rambut membuat rasa gatal cenderung membuat kita menggaruk kulit kepala, padahal kulit kepala jauh lebih tipis dibandingkan kulit di bagian lainnya. Apabila kita menggaruk dengan keras, ada kemungkinan kulit kepala menjadi luka. Luka pada kulit kepala akan mudah terinfeksi sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. 

Jika kulit kepala infeksi kuman yang masuk ke dalam luka bisa jadi bertambah dan  menimbulkan penyakit lainnya yang jauh lebih parah. 

Selain itu anak-anak masih suka bermain, seharian pun tahan bermain bersama temannya. Terkadang suka lupa dengan waktu buat makan dan istirahat. Saat bermain itu, bisa membuat terjadi penularan telur atau kutu dari temannya. Karena sifat kutu mudah sekali terbang dan berpindah.  

Baiklah, ada baiknya kita mengenal lebih jauh lagi soal telur dan kutu rambut ini secara baik ya, Mommy. Kutu rambut itu sejenis apa sih? Binatangkah? Apa bahayanya bagi rambut yang ditempati oleh kutu tersebut. 

APA ITU KUTU RAMBUT
Kutu rambut atau dikenal dengan nama Pediculus Humanus Capitis termasuk dalam kategori parasit manusia yang berasal dari ordo Anoplura. Kutu ini biasa bersarang di rambut kepala dengan cara mencengkeram batang rambut dengan kaki depannya yang menyerupai capit kepiting sehingga kadang-kadang tidak bisa hilang walaupun sudah di shampoo. Kutu ini akan mengeluarkan air liurnya di rambut kita, dan membuat rambut saling melekat seperti rambut gimbal yang dikenal dengan nama plica polonica. Telur dari kutu ini pun sering susah dibasmi karena dia menempel pada batang rambut seperti kepompong. Kutu rambut sangat gampang dikenali jika anak-anak terinfestasi, bisa dilihat langsung di rambut kita sangat jelas, berwarna putih kecoklatan dan abu-abu, sedang telurnya terlihat putih kekuningan , bertebaran di seluruh rambut, jika telur sudah ompong/ kosong isinya berubah warna menjadi putih. Telurnya kecil dan bulat atau oval yang terhubung dengan kuat pada pangkal rambut di dekat kulit kepala. Jika seseorang banyak menggaruk, dapat ditemukan kerusakan atau tanda-tanda iritasi pada kulit kepala. Kulit yang mengalami kerusakan ini dapat mengeluarkan cairan jernih yang membentuk crust (cairan tersebut berbentuk kering dan mengeras) dan dapat terjadi infeksi. Jika terjadi infeksi, kelenjar limfa di belakang telinga dan di leher dapat membengkak dan nyeri jika ditekan. (bahasa Jawa dikenal dengan nama KLANJER).

Jadi anak-anak yang punya kutu di rambutnya sangat rentan untuk mengalami rasa sakit atau nyeri di telinganya.

CARA PENULARAN KUTU
Pada umumnya di beberapa situs dan pengetahuan umum berpendapat bahwa cara penularan dan penyebaran kutu karena berdekatan langsung dengan orang yang terinfestasi kutu, karena kutu penyebaranya merambat dan bisa juga dari benda sejenis sisir, topi, handuk dan bahkan baju atau lewat bantal dan sprei yang di pakai bersama. Pendapat tersebut tidak salah, hanya kurang sepenuhnya benar, karena kutu bukanlah binatang yang hanya bergerak merambat, tetapi bisa juga meloncat sekeras belalang. Mungkin Anda baru dengar dan kaget dengan pendapat ini. Menurut penelitian sungguh hasilnya sangat mengejutkan , jika anda mengumpulkan kutu di lantai atau di piring yang berwarna putih dan diletakkan di sebuah ruangan yang bersih, maka tidak berapa lama kutu tersebut pada berhamburan meloncat. Yang lebih mengejutkan lagi binatang yang sekecil kutu tersebut dapat meloncat layaknya belalang, hingga radius 4 meter.Untuk itu janganlah Anda malu jika terinfestasi kutu, tidak peduli Anda suka menjaga kebersihan atau tidak jika nasib tidak menguntungkan bisa saja tertular kutu rambut ini
CARA MENGATASI KUTU
Cara mengatasi kutu dan penyakit rambut lainnya adalah dengan menggunakan TUMBONAN. Cairan ini sangat efektif dalam mengatasi hal tersebut. Caranya juga sangat praktis , tinggal disemprot aja dan tidak meninggalkan bekas bau seperti obat kutu jenis lainnya.
TUMBONAN adalah obat spray MULTI FUNGSI khusus rambut yang kutuan dan mengalami masalah dengan KETOMBE. Obat ini sangat ampuh membunuh kutu rambut beserta telornya juga bisa menghilangkan ketombe. Aman untuk kesehatan rambut bahkan mengurangi rasa gatal-gatal akibat bakteri dan keringat. TUMBONAN terdiri dari bahan-bahan alami yang sangat aman bagi manusia dan mamalia.

INFORMASI BAHAN DASAR TUMBONAN

Nama bahan:
PIPTURUS INCANUS ( BL0 WEDD)
SINONIM : Pipturus argenteus ( FForst.f) Wedd; P.velutinus; Botrymorus
paniculata Miq: Morus paniculata mlq Klasifikasi
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: anglospermae
Kelas: Dlcotyledoneae
Bangsa: Urticales
Marga: Pipturus
Jenis: Pipturus incanus( BL) Wedd
Nama umum: Senu, Lilit kutu, Games, Ki camun, Trebesi, Baylabayan, Kosir, Lobiri
Daerah pertumbuhan : melayu, Lampung, Sunda, jawa, madura, Ambon, Halmahera, Ternate Deskripsi
Habitus: Pohon, tinggi 5-20cm
Batang: Tegak, bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, bergetah coklat
Daun : Tunggal, tersusun spiral, bentuk jantung, ujung runcing, pangkal bertoreh, tepi bergerigi, panjang 10-27cm,lebar10-17cm, pertulangan menyirip, kasar, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk bulir atau malaim berumah satu panjang 5-10cm, bertonjolan, hijau.
Buah: Buni, bulat panjang, hijau.
Biji: Bulat telur, kecil, putih.
Akar: Tunggang, coklat. Khasiat : Kulit batang dan daun Pipturus incanus berkhasiat sebagai obat luka bakar, bisul dan memar, disamping itu juga digunakan untuk mencuci rambut atau membasmi kutu rambut.
Kandungan kimia : Daun dan kulit batang Pipturus incanus mengandung sapinin, flavonoida dan tanin. 

MENGAPA PAKAI “TUMBONAN”

- Tidak menimbulkan sensitisasi, resorpsi, iritasi pada kulit dan mata
- Aman dipakai untuk anak-anak segala usia
- Membunuh KUTU dan TELORNYA dengan cepat
- Menghilangkan gatal-gatal akibat bakteri dan keringat
- Menghilangkan KETOMBE.
- HEMAT,..dan dosis aplikasi yang rendah
- Beraroma lembut, relatif Tidak berbahaya bagi manusia dan mamalia
- Memiliki TOKSISITAS RENDAH terhadap mamalia LD50 > 5.000
- MUDAH DIAPLIKASIKAN dengan penyemprotan residual, ULV

Cara Memberantas KUTU
Cukup semprotkan secara merata ke seluruh rambut hingga benar-benar dipastikan rata, kemudian sisirlah. Tetapi jika ingin hasil yang lebih maksimal  bisa ditutup/ukep dengan handuk atau plastik + - 15 menit. Dosis 1 s/d 2 botol harus habis untuk ukuran kepala rambut panjang, karena sifat rambut mengandung minyak, dan kutu mempunyai jaket pelapis waterproof yang keras sebagai pelindung diri dari serangan bahan kimia dari luar.  Tetapi untuk melepaskan telurnya yang masih lengket . Bisa dilanjutkan dengan membilas rambut dengan shampoo.

Cara Menghilangkan TELOR Kutu
Ketika melakukan penyemprotan Tumbonan tahap awal di atas, tambahkan cuka secukupnya, kemudian tutup/ ukep dengan plastik sekitar 15 menit, sisirlah rambut dengan sisir biasa, setelah rambut lurus gantilah sisir anda dengan sisir SERIT (sisir yang halus dan rapat jari-jarinya). Ulangi tahap ini hingga dipastikan telor kutu rontok semua.
 
Cara Menghilangkan KETOMBE :
Ambil sisir biasa yang telah dibersihkan dengan menggunakan sikat dan detergen. Kemudian Semprot Tumbonan ke dasar rambut secara merata, berilah sedikit air dan berikan shampoo  hingga merata (shampo boleh memilih yang sesuai dengan kebiasaan), tetapi jika Mommy  sudah terbiasa menggunakan shampo tertentu dan masih berketombe, itu berarti shampoonya tidak cocok, sebaiknya Mommy mengganti dengan merek lain. Sangat disarankan menggunakan shampo yang mengandung jeruk nipis, jika tidak ada berilah jeruk nipis asli, atau boleh memakai cuka. Setelah rambut berbusa,diamkan selama 5 – 10 menit. Lalu sisir semua rambut  secara merata, ini akan membuat  ketombe mengelupas dari kulit kepala. Setelah itu dibilas hingga bersih. Ulangi memakai shampoo hingga dua kali ya Mommy. Maka dijamin Anda akan terbebas dari ketombe.     
Mommy untuk mengatasi kutu atau penyakit rambut lainnya seperti kutu dan ketombe  Jangan sekali-kali menggunakan  kapur ajaib, kapur barus dan cairan  pembunuh serangga yang dijual bebas. Alasannya  karena cairan pembunuh serangga tersebut mengandung bahan kimia aktif pestisida dan Insektisida yang bisa melumpuhkan mematikan urat syaraf rambut ya, Mommy. Sedangkan  kapur dapat mengakibatkan stres dan pengerasan rambut. Akibatnya rambut jadi rusak, mati dan terjadi pemutihan dini, yang lebih fatal lagi rambut bisa  rontok.



PEMESANAN
MILDA INI
WA:  0821 7799 3000
BBM:  7e8bd70b
Twit : @Mildaini79
FB : Milda Ini

















Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin