Menu

Senin, 23 November 2015

/





Perubahan hormon pad ibu hamil membuat otot rileks, termasuk otot uterus. Hal ini dapat menyebabkan sebagian besar ibu hamil mengalami konstipasi atau sembelit, wasir dan pembesaran vena di daerah rectum.

Oleh karena itu saat hamil ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat makanan.

Serat makanan itu adalah, sisa makanan/zat gizi makanan yang tertinggal setelah makanan tersebut di cerna.

Serat makanan ada yang mudah larut di dalam air dan yang tidak larut di dalam air. Kedua jenis serat ini mempunyai manfaat yang sama yaitu dapat mengatasi sembelit. Hanya saja serat yang mudah larut dalam air dapat membentuk gel di dalam tubuh kita sehingga tubuh akan merasa kenyang.

Selain dapat mengatasi sembelit. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

Sewaktu saya hamil, pernah juga mengalami sembelit. Duh, rasanya gak enak bangetlah . jadi harus bolak balik ke kamar mandi. Perut teras mules mau BAB. Namun ketika duduk di toilet fesesnya gak mau keluar. Apalagi kalo kejadian itu pas hamil besar, rasanya tambah gak enak, saya pernah mengalami kepayahan. Setelah kejadian itu saya gak mau lagi menolak makan sayuran, buah-buahan yang mengandung serat. Membayangkan kejadian pernah kena sembelit saja sudah gak enak, apalagi jika harus terulang kembali, gak mau lagi. Selain mengkonsumsi makanan berserat, saya juga mau berbagai pengalaman saya mengatasi sembelit , agar kejadian yang pernah saya alami tidak kejadian sama mommy sekalian.

Berikut ini adalah cara mengatasi sembelit atau konstipasi pada ibu hamil,
1.   Minum banyak cairan (air, jus, smoothie, kaldu atau minuman lainnya pengganti air putih dan lain sebagainya) paling sedikit 8 gelas perhari.
2.   Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan.
3.   Lakukan gerakan gerak jalan untuk mengendorkan otot-otot pencernaan dan otot kaki, lakukan setiap hari dalam kurun waktu 10 – 15 menit.
4.   Segera lakukan BAB, jika sudah terasa, jangan ditunda-tunda. Jangan biasakan minum obat pencahar tanpa seizin dokter.

Itulah beberapa pengalaman saya dalam mengatasi sembelit atau konstipasi semasa hamil. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, in sya Allah dapat membantu Mommy mengurangi keluhan sembelit. Selain itu juga dapat membantu mengurangi wasir.
Tetap semangat ya Mommy, semoga kehamilannya sehat ya. Aamiin.  


Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin