Menu

Jumat, 20 November 2015

/




Makanan bernutrisi bagi ibu hamil merupakan salah satu faktor penentu terjadinya kehamilan yang sehat. seorang ibu hamil harus memperhatikan nilai gizi (nutrisi) yang akan dikonsumsinya.

Artinya seorang ibu hamil harus memahami jika dia makan makanan yang  gizi selama kehamilan maka hal itu juga akan berdampak baik bagi dirinya dan janinnya. Terpenuhi dengan baik zat gizi selama kehamilan  maka janin akan berkembang dan tumbuh  dengan baik pula. 

Banyak sekali sumber makanan yang mengandung gizi bagi ibu hamil. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan tersebut dengan cara yang baik dan benar. Makanan tersebut harus terlebih dahulu diolah atau dimasak dengan cara yang baik (matang). Bahan –bahan yang digunakan juga harus dalam kondisi baik.


Dalam masa kehamilan tersebut , salah satu bagian terpenting untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah prinsip dan pola makan ibu hamil.

Prinsip – prinsip makan yang sehat bagi ibu hamil itu adalah sebagai berikut :
1.   Merubah cara makan. Ketika seorang wanita dinyatakan hamil, maka ia harus merubah cara ia makan selama ini agar selama kehamilan sehat dan bugar. Ibu hamil harus ingat bahwa makanan yang ia makan juga diperlukan oleh janinnya untuk tumbuh dan berkembang. 

2.   Menghindari makanan berbahaya,   beberapa jenis makanan dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Oleh karena itu ibu hamil harus menghindarinya. Misalnya , menghindari konsumsi daging dan telur mentah, alkohol, kafein, sayuran yang mentah dan lain sebagainya.

3.   Jangan diet selama kehamilan, pada masa kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk berdiet. Jika memaksakan untuk diet, maka hal ini dapat membahayakan bagi ibu dan janinnya karena selama diet, ibu hamil akan kekurangan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat tersebut adalah diantaranya vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan zat penting lainnya. Pertambahan berat badan yang baik semasa kehamilan merupakan salah satu tanda kehamilan yang sehat. Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh diet selama kehamilan.

4.   Makan dengan porsi kecil dan sering, pada tiga bulan pertama masa kehamilan (trimester 1) biasanya timbul gejala mual dan muntah ( morning sickness) , untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil bisa mencoba makan dengan porsi kecil tetapi sering. Selang waktu makannya dapat dilakukan antara 2- 4 jam. Ingatlah meskipun tidak terasa lapar, tetapi janin tetap membutuhkan asupan makanan. Dan meskipun terasa mual dan muntah, ibu hamil harus tetap makan meskipun sedikit demi sedikit.

5.   Minum vitamin secara teratur, ibu hamil bisa menambahkan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuhnya dengan meminum tambahan vitamin atau suplemen. Hal ini dapat membantu kebutuhan gizi ibu hamil agar tetap terpenuhi. Mintalah nasihat dokter atas apa saja vitamin atau suplemen yang baik yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya. Misalnya , suplemen untuk penambahan zat besi, kalsium , tablet tambah darah dan lain sebagainya. Minumlah vitamin atau suplemen tersebut secara teratur atas petunjuk dokter.

6.   Minumlah air yang cukup, ibu hamil membutuhkan air minum minimal sebanyak 8 gelas perhari. Sebanyak 33 % pertambahan berat badan selama kehamilan adalah cairan. Cairan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk membangun sel darah merah pada janin untuk sistem sirkulasinya ( air ketuban), selain itu cairan juga diperlukan oleh ibu hamil untuk mengatasi konstipasi (sembelit) dan mengatur suhu tubuh.

7.   Makanan berserat, buah-buahan  dan sayuran, perbanyaklah makan, makanan yang banyak mengandung serat, makan buah-buahan dan sayuran. Makanan  jenis sangat kaya dengan nilai gizi. Dapat membantu ibu hamil terhindar dari konstipasi selama kehamilan.



Itulah beberapa prinsip dan cara makan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar tetap sehat selama kehamilan. Agar asupan gizi terpenuhi bagi ibu dan janinnya selama masa kehamilan. Dengan melakukan cara makan yang sehat , bukan hanya membuat ibu hamil tampil sehat dan bugar tetapi perkembangan dan pertumbuhan janin akan berjalan dengan baik.

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin