Menu

Sabtu, 20 Juli 2013

/



Mengenal Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN)



Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) merupakan komunitas perempuan. Anggotanya, tentu saja ibu rumah tangga maupun ibu bekerja; baik wirausaha, kantoran, maupun profesional. Bahkan ada pula anggota yang masih calon ibu. Komunitas yang berdiri di Bandung tahun 2010 ini didirikan Indari Mastuti, pemilik Indscript Creative, sebuah agensi naskah. Saat ini IIDN sudah memiliki sekitar 7000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Jumlah anggota tersebut setiap harinya masih terus bertambah.

Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis ini baru berusia sekitar tiga tahun. Didirikan dengan latar belakang bahwa setiap Ibu mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk kemajuan keluarga. Oleh karena itu didirikannya komunitas ini  dengan tujuan untuk melejitkan produktifitas para ibu di bidang penulisan . Dengan harapan dengan adanya IIDN ini dapat dijadikan sebagai wadah mencerdaskan perempuan Indonesia. Tidak terkecuali kaum perempuan yang ada di Bengkulu.  Dengan misi mulia diantaranya adalah,  Menerbitkan minimal satu buku untuk setiap anggota IIDN, Meningkatkan produktifitas anggota di berbagai media di Indonesia, Meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang penulisan ,Mempererat kolaborasi positif antar anggota di berbagai bidang .

Pembentukan IIDN berangkat dari keinginan untuk memfasilitasi pengembangan dan kemajuan para ibu, terutama lewat menulis. Dalam perkembangannya, komunitas ini menjadi wadah bagi para ibu yang memiliki beragam potensi untuk mengembangkan ide, minat, bakat, kreativitas, dan produktifitasnya hingga dapat menghasilkan karya yang bisa memberi inspirasi pada banyak orang. Implikasi lain, para ibu dapat menambah pemasukan keuangan keluarga

Sudah banyak penulis berbakat dan produktif yang dilahirkan komunitas ini. Keberadaan Komunitas IIDN ini telah turut serta dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Lewat komunitas ini para ibu dapat berkembang positif, bertambah wawasan pengetahuannya, serta berbagi pengetahuannya yang menginspirasi para ibu lainnya. Di tangan para ibu inilah, andilnya sebagai pendidik utama dalam keluarga dapat menjadi cahaya yang menerangi dan memberi manfaat positif bagi keluarga, masyarakat di sekitarnya, hingga negara dan bangsa secara lebih luas.

Keberadaan komunitas IIDN yang anggotanya terus bertambah, tentu bisa memberi kesempatan untuk promosi, baik antar anggota maupun pihak lain yang tertarik. Semoga kehadiran kami, dapat terus memberikan manfaat. Terutama bagi kaum perempuan.

Saat ini Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) telah memiliki koordinator wilayah (korwil) di setiap provinsi di Indonesia dan luar negeri. Termasuk Bengkulu. Koordinator wilayah IIDN Bengkulu saat ini adalah ibu Mildaini. Seorang penulis dan ibu rumah tangga. Ibu Milda, bisa diakses di fesbuk Milda Ini atau twitt @Mildaini79. Kegiatan dan aktivitas IIDN Bengkulu dapat diakses melalui jaringan sosial media Fesbuk. Dengan alamat grup https://www.facebook.com/groups/124001507679617/.

        Ragam kegiatan Ibu-ibu Doyan Nulis ini sebagian besar dilakukan secara online, memanfaatkan fasilitas fesbuk. Dimana untuk saat ini, hampir semua kaum perempuan  pasti memiliki akun fesbuk dan sosial media. Keberadaan Ibu-ibu Doyan Nulis ini yang dilakukan secara interaktif melalui grup fesbuk, diharapkan dapat memberikan salah satu dampak positif bagi para Ibu yang juga sangat candu dengan aktivitas online tersebut. Memberikan alternatif lain bagi para perempuan dalam memanfaatkan keberadaan fesbuk tersebut secara positif.

        Jadwal harian kegiatan Ibu-Ibu Doyan Nulis diisi setiap hari dari senin sampai sabtu. Oleh berbagai narasumber dan pakar yang kompeten dibidangnya. Contohnya saja pada hari senin, jadwal kegiatan IIDN adalah,   Curnyol (Curhat Konyol) (08.00-09.00),   Managemen Bisnis (10.00 - 11.00),  Bedah Buku (15.00 - 16.00), Design (20.00-21.00). Setiap hari selalu ada pokok bahasan dan materi yang berbeda. Selain itu juga banyak digelar lomba dan kuis untuk memotivasi agar para ibu-ibu semakin bersemangat untuk bekarya dan mengasah kemampuan untuk berkompetisi secara sportif.

        Secara umum jadwal kegiatan Ibu-ibu Doyan Nulis adalah sebagai berikut, Pelatihan Menulis Offline dan Online , Ajang Temu Anggota , Peluncuran dan Bedah Buku , Seminar dan Talkshow , Sharing Penulisan , Bazaar Buku .

Alhamdulillah , sekarang sudah banyak karya  IIDN meski dalam usia yang masih muda.  Apalagi dengan penyebaran anggota komunitas baik di dalam dan luar negeri maka semakin beragam pula karya dari para anggotanya. Ada lebih dari ratusan karya yang dihasilkan para ibu yang tak lepas dari keseharian pekerjaannya. Pada penerbitan buku yang menjadi wadah kreatif dan penyaluran bakat para ibu, kami bekerjasama dengan banyak penerbit antara lain :  Imania, Gramedia Pustaka Utama, Elex Media, Cahaya Atma, Hifest Publishing, Grasindo, Rumah Ide, Penebar Plus, Calista  Woman In Biz Directory, Zygma Exa Media, Mizan, Gradien Mediatama, dan lainnya. Juga menyalurkan hasil-hasil karya para ibu ke berbagai media cetak maupun online.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk! Mari bergabung bersama komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis Bengkulu. Bersama kita bekarya!
5 comments

saya sudah gabung, saya juga sudah konfirm ke koordinator Bandar Lampung. tapi belum ada tanggapan. bisa dibantu mbak?

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

mbak Zuhriyyah, bisa hubungi atau konfirmasi ama mbak Naqiyyah syam ya:) semoga segera bisa gabung IIDN deh ^^

Reply

iya, keren
ma kasih ya, ne ada yang mau gabung ama IIDN bandar Lampung, apa bisa dibantu ^^

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin